Setiap Bulan Duit di Rekening Ludes, Jelas Gak Bijak

by akbar 588 views0

duit di rekening ludes

Pengalaman kerja sudah 5 tahunan, gaji juga oke tapi duit di rekening ludes melulu. Kalau sudah tanggal tua, bisa-bisa cuma ada sisa sejutaan di pos saldo. Dibuat apa aja duitnya?

Ada banyak hal yang mempengaruhi kenapa duit tabungan ludes. Ini erat kaitannya sama pengeluaran bulanan seseorang.

duit di rekening ludes
Ekspresi kamu kalau liat saldo di akhir bulan (menangis/AP)

Sementara itu kalau ngebahas pengeluaran gak bisa dipukul rata. Pengeluaran laki-laki beda sama perempuan. Pengeluaran bujangan jelas beda sama yang sudah nikah.

Tapi setidaknya kita telusurin dulu tiga hal apa yang berpotensi membuat duit di rekening ludes. Kadang hal ini gak kita sadarin lho.

1. Pengeluaran tak terduga

Laki-laki, perempuan, bujangan atau sudah menikah, pasti gak bisa lepas sama pengeluaran tak terduga. Makanya ada istilah “dana darurat.” 

Intinya adalah, pengeluaran ini bukan pengeluaran rutin yang sudah kamu rencanakan. Kadang anggaran belanja juga bisa timpang gara-gara pengeluaran ini.

Apa aja pengeluaran tak terduga? Bisa jadi kendaraan harus tune-up, harus ganti oli, dan ganti ban. Selain itu, bisa juga anggota keluarga sakit dan gak ada asuransi, atau rumah butuh renovasi.

Ketika cadangan dana darurat menipis dan ada pengeluaran tak terduga, maka duit di rekening ludes mendadak. Langsung deh habis itu mendadak puasa jajan sampai bulan depan.

2. Keinginan yang gak terkontrol

Kesulitan mengatur pengeluaran, khususnya dalam anggaran belanja biasanya bukan karena gaji yang gak cukup. Melainkan karena tingginya keinginan memuaskan hasrat belanja.

duit di rekening ludes
Menguras duit guna memuaskan hasrat belanja, itu gak bijak lho (rakus/PinIMG)

Baru aja gajian, udah pengin borong baju di mal mumpung ada diskon. Atau mentang-mentang tanggal muda tiap weekend nongkrong melulu di kafe mahal dan nonton.

Ujung-ujungnya, duit di rekening ludes buat kebutuhan sehari-hari dan ngebiayain gaya hidup ala sosialita. Akhir bulan gak ada duit, ya mau gak mau gesek kartu kredit alias ngutang.

3. Duitmu mengendap di tabungan

Duit yang mengendap di rekening sudah pasti bakal habis kalau kamu konsumtif. Duit itu cuma diam saja gak berputar dan pastinya berkurang tiap hari.

Lain ketika duitnya kamu pakai buat investasi. Sebut saja investasi emas yang balik modalnya lama. Walau duitnya berkurang saat beli emas, nanti juga bisa balik lagi saat emasnya dijual.

Kalau duit di rekening ludes terus itu tandanya kamu menggunakan duitmu dengan gak bijak. Setiap orang idealnya punya duit tabungan untuk masa depan. Kamu gak mau kan hidup gitu-gitu aja, gak ada perkembangan.

Kalau duit tabungan ludes terus gimana mau bayar biaya nikah? Gimana mau sekolahin anak di sekolah yang bonafit? Gimana mau punya rumah sendiri? Gimana mau punya mobil baru? Masa minjem duit terus.

Gak mau kan gagal dalam menggapai cita-cita itu? Makanya, biar duit gak ludes melulu coba lakukan hal ini.

1. Selalu pikirkan masa depan

Semua makhluk di dunia ini harus makan untuk bertahan hidup. Termasuk kamu yang harus memikirkan gimana bertahan hidup di masa depan saat keadaan tidak menentu.

duit di rekening ludes
Pikirkan masa depanmu biar cepat sukses (ilustrasi sukses/Harmonas)

Dengan selalu memikirkan masa depan, kamu bakal punya target hidup yang baik. Kamu pun jadi gak seenaknya buang-buang duit untuk hal yang gak perlu.

2. Beli Asuransi Jiwa

Fungsi asuransi pada dasarnya adalah mengalihkan risiko ke perusahaan asuransi. Asuransi jiwa akan memberikan perlindungan saat terjadi musibah yang menimpa kamu.

Jangan berpikir, “Ah belum ada ahli waris ngapain punya asuransi jiwa.” Sekarang mungkin belum, tapi apa ya kamu tega membebani keluargamu secara finansial untuk risiko yang kamu alami di masa depan?

3. Investasi

Seperti yang dijelaskan di atas, duit mengendap di tabungan bisa habis kalau gak diputar. Tunggu apalagi, segera cari tahu produk investasi apa yang cocok. Konsultasi bila perlu.

Gak perlu keluar duit banyak untuk investasi. Kamu bisa pilih investasi emas atau reksa dana. Tapi intinya, pelajari dulu caranya dan jangan buru-buru.

So, gimana nih, jangan sampai duit di rekening ludes terus ya. Masa depanmu masih panjang.

Butuh informasi seputar tabungan terbaik? Gak usah bingung, klik di sini aja.

 

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ubah Gaya Belanja Jadi Begini di 2017, Biar Nabung Gak Cuma Wacana]

[Baca: Infographic: Jangan Asal Keluar Duit, Perhatikan 10 Tips Memulai Investasi Emas Ini]

[Baca: Jangan Tunda Lagi untuk Punya Asuransi Jiwa]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com