Siapin Honeymoon yang Ciamik ke Luar Negeri dengan 5 Cara Ini

by Hardian 410 views0

honeymoon yang ciamik

Setelah menikah, apa rencanamu? Sebelum berpusing-pusing ria memikirkan tabungan buat beli rumah, susu anak, dan biaya pendidikan si kecil, honeymoon saja dulu.

Salah kalau mengira honeymoon atau bulan madu selalu membutuhkan dana besar. Bahkan kita bisa honeymoon ke luar negeri dengan bujet rendah namun pengalaman mewah.

Tapi honeymoon ciamik ke luar negeri seperti itu bisa didapatkan hanya bila kita melakukan perencanaan. Sebagai referensi, simak panduan rencana honeymoon ke mancanegara berikut ini:

1. Tentukan destinasi dan tanggal keberangkatan yang diinginkan

Jangan cuma tanggal nikah yang ditentukan, tapi juga destinasi dan tanggal keberangkatan buat honeymoon. Buang jauh pemikiran bahwa bulan madu haruslah dilakukan sesaat setelah menikah.

honeymoon yang ciamik
Pastikan dulu destinasinya jangan sampai honeymoon tapi zonk! (kebakaran di pantai/Tours)

Bisa saja kita baru berangkat honeymoon ke luar negeri sebulan, dua bulan, atau tiga bulan setelah menikah. Hal ini berguna untuk memastikan pengalaman honeymoon yang ciamik.

Misalnya mau ke Jepang dan lihat bunga Sakura bermekaran, pilih berangkat antara April dan Mei, saat musim semi. Gak lucu dong ke sana pas winter tapi berharap liat Sakura.

Perencanaan ini juga berguna untuk mengumpulkan pundi-pundi keuangan agar bujet mencukupi pas tiba saatnya honeymoon ke luar negeri.

2. Berburu tiket murah

Kalau sudah tahu destinasi dan waktu bulan madu, barulah kamu mulai berburu tiket murah. Cari di situs pemesanan tiket yang menawarkan harga paling miring. Berhubung waktu keberangkatan masih lama, pasti banyak maskapai yang menawarkan harga murah.

Manfaatkan fasilitas situs yang memberikan perbandingan harga tiket untuk mendapatkan yang paling murah. Coba cek, apakah lagi ada promo diskon jika pembayaran menggunakan kartu kredit tertentu. Situs-situs penjualan tiket pesawat sering menawarkan program-program seperti itu.

3. Itinerary harus jelas

Setelah tiket di tangan, barulah diskusikan itinerary  atau rencana perjalanan selama berlibur. Rencana perjalanan di destinasi tujuan ini harus dibuat serapi dan sedetail mungkin supaya bulan madumu berjalan efektif.

honeymoon yang ciamik
Kalau honeymoonnya gak tekor kan makin semangat nih bangun rumah tangganya.
Ya gak?(bulan madu/original travel)

Buat itinerary dengan rute yang sejalan, supaya gak makan biaya dan waktu. Misalnya dari area paling barat ke area paling timur, atau sebaliknya. Sebutkan kota-kota dan lokasi-lokasi yang hendak dikunjungi. Kalau mau ke objek wisata, sertakan juga harga tiket masuk dan ongkos transportasinya agar bujet sudah siap di tangan.

4. Siapkan kartu kredit

Kenapa kartu kredit? Karena alat pembayaran yang satu ini banyak manfaatnya untuk bertransaksi di luar negeri, terutama kartu kredit khusus travel. Kalau belum punya, kamu bisa segera manfaatkan waktu yang ada untuk bikin.

Cari yang menawarkan keunggulan untuk transaksi di luar negeri, seperti Standard Chartered Worldmiles. Kartu ini nawarin dua mileage atas setiap transaksi Rp 7.500 di luar negeri. Mileage ini bisa ditukar dengan tiket perjalanan pesawat gratis setelah terkumpul.

Mileage juga bisa ditukarkan dengan voucher belanja atau travel. Selain itu, ada fasilitas gratis masuk sejumlah airport lounge besar di Indonesia.

5. Nabung

Meski udah ada kartu kredit, tetap aja kamu mesti nabung buat biaya hidup selama di negara tujuan. Gak semua transaksi bisa kamu lakukan dengan kartu kredit kan. Ada juga yang membutuhkan uang tunai.

Toh, biaya yang kamu keluarkan pakai kartu kredit juga harus segera dilunasi supaya gak kena bunga pada bulan selanjutnya. Jadi hitung dengan rinci perkiraan biaya honeymoon yang diperlukan.

honeymoon yang ciamik
Jangan ngandelin kartu kredit aja, ayo nabung dari sekarang (nabung/pepperrr)

Mungkin berminat untuk ikut tur dengan agen travel tertentu, bisa dibandingkan tarifnya dengan ongkos untuk perjalanan sendiri. Yang penting, upayakan dana cukup untuk bepergian tanpa perlu berutang.

Honeymoon ke luar negeri bukanlah hak istimewa kalangan tertentu. Semua orang bisa melakukannya, asal tahu caranya.

Meski begitu, honeymoon memang gak wajib untuk dijalankan. Hal yang lebih penting adalah membina rumah tangga agar utuh, termasuk menangani urusan finansial. Bila memang dana belum mencukupi, tak perlu memaksakan diri bulan madu ke luar negeri.

Toh, inti honeymoon adalah pengalaman bersama sebagai pasangan yang baru saja menikah. Bersenang-senang dululah, sebelum lebih serius mengarungi bahtera rumah tangga yang tentu dipenuhi banyak tantangan.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pengantin Baru, Pahami 5 Hal Ini Agar Keuangan Rumah Tangga Sehat]

[Baca: Mau Bujuk Pasangan untuk Menunda Bulan Madu? Ungkapkan 4 Alasan Ini]

[Baca: Daripada Menghabiskan Uang Buat Pesta Pernikahan Mewah, Alihkan Dananya Buat 5 Hal Ini]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com