Simak Deh Rahasia Cara Mengatur Keuangan Keluarga bagi yang Susah Disiplin

by DuitPintar 1.065 views0

mengatur keuangan keluarga

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

Mengatur keuangan keluarga mungkin merupakan hal yang sudah berulangkali dibahas. Tapi, kenyataannya masih banyak keluarga yang gagal menerapkan karena kurang disiplin. Lalu gimana sih cara mengatur keuangan keluarga untuk orang yang susah disiplin?

 

[Baca: Jangan Remehkan Tips Ibu-ibu Zaman Dulu dalam Mengatur Keuangan Keluarga]

 

 

Berikut ini sebuah pandangan dari seorang ahli bernama David Bach yang memberikan pandangan revolusioner.

 

Menurut David Bach, cara mengatur keuangan keluarga itu adalah pekerjaan yang susah susah gampang. Susah jika memang gak terbiasa mengurus keuangan, gampang jika sudah tahu apa yang harus dilakukan.

 

Fakta membuktikan kalau kebanyakan keuangan keluarga menjadi tugas, wewenang dan tanggung jawab istri. Di sisi lain, terkadang ibu-ibu mengalami kesulitan dalam disiplin dan dalam merencanakan keuangan.

 

David Bach adalah seorang penulis dan konsultan keuangan Amerika. Salah satu buku karyanya adalah The Automatic Millionaire (Jutawan yang serba otomatis).

 

mengatur keuangan keluarga

Ayo suami istri harus kompak atur keuangan juga dong hehehe

 

 

Kami berikan sedikit gambaran, coba perhatikan seseorang yang menyetir mobil dengan mode manual. Perlu lebih banyak kedisiplinan dan koordinasi tubuh bukan? Nah, sekarang pabrikan mobil sudah menciptakan solusi terbaru yaitu mobil matic.

 

Perpindahan gigi menjadi serba otomatis dan kita sebagai pengendara menjadi lebih santai. Lalu kenapa kita gak menggunakan konsep otomatis?

 

Menurut David Bach, penulis buku The Automatic Millionaire cara mengatur keuangan keluarga yang paling mudah untuk mengurangi utang, hidup sederhana, tertib dalam berinvestasi adalah dengan menggunakan sistem alias otomatis.

 

Konsep utama dari buku tersebut adalah daripada kita berusaha mati-matian disiplin dalam menabung, berinvestasi, membayar cicilan, membayar premi asuransi dan lainnya, lebih baik serahkan pada sistem.

 

Kita lewati (bypass) faktor-faktor manual dan beranjak ke mode otomatis. Kita memerlukan sebuah sistem cara mengatur keuangan keluarga yang gak perlu mengandalkan kedisiplinan.

 

mengatur keuangan keluarga

Enak kan pake mobil matic, tinggal geser-geser aja mbaksis, awas nabrak tong sampah hehehe

 

 

Efek Kopi Latte

Kebanyakan orang berpikir rahasia untuk menjadi kaya adalah dengan meningkatkan pendapatan. Banyak orang berasumsi gaji naik (pendapatan naik) maka masalah keuangan akan segera beres dan segera menjadi kaya.

 

[Baca: Tanda Keuangan Sehat Itu Gak Soal Besarnya Gaji Tapi 5 Hal Ini]

 

 

Kenyataannya gak seperti itu, karena gaji naik pengeluaran juga naik. Bahkan pengeluaran bisa naik lebih tinggi dibanding kenaikan gaji.

 

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Otomatis

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatur keuangan keluarga dengan otomatis:

  1. Pajak dan iuran BPJS akan dipotong otomatis oleh perusahaan tempat kita bekerja. Jadi gak perlu memusingkan hal ini lagi.
  2. Usahakan mengatur transfer otomatis secara berkala untuk donasi (Zakat dan Perpuluhan). Kita dapat melakukan transfer ke Rumah Ibadah atau Yayasan Sosial.
  3. Gunakan auto debet investasi ntuk mempermudah investasi. Sistem auto debet ini dikenal dengan nama sistem dollar cost averaging.
  4. Gunakan pembayaran transfer otomatis secara berkala untuk membayar premi asuransi, cicilan dan utang.
  5. Terakhir, baru gunakan sisanya untuk pengeluaran bulanan. Sangat disarankan agar kita memiliki anggaran dan mencatat keuangan harian.

[Baca: Selesai Liburan Jangan Sedih Lihat Rekening Menciut Pulihkan Keuangan Kamu dengan 5 Tips Ini]

 

 

Sekarang saatnya kita mencoba mengubah cara mengatur keuangan keluarga dengan cara otomatis.

 

 

 

Image Credit:

  • https://www.ibudanbalita.com/uploads/posts/1pYFcL8NQ1.jpg
  • http://f53715549769d37868eb-725780dc08d611eebc1f66b3f8af9837.r11.cf1.rackcdn.com/Chrome/2015/Ford/Fiesta/2015FRD021a_640_20.png

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com