Simak Dulu Keuntungan dan Kerugian Unit Link Ini Sebelum Beli Polisnya

by DuitPintar 2.977 views0

keuntungan dan kerugian unit link

Pernah dengar asuransi unit link? Atau mungkin malah pernah ditawari agen asuransi soal unit link ini? Kalau belum mengenal asuransi unit link, monggo kenalan dulu: Mengenal Investasi Asuransi Unit Link: Sekali Menyelam, Dua Tiga Pulau Terlampaui

 

Singkatnya, unit link adalah tipe asuransi modern yang menawarkan layanan asuransi jiwa sekaligus investasi. Hampir semua perusahaan asuransi di Indonesia getol menawarkan unit link.

 

Imbas banyaknya penawaran itu, banyak pula orang yang menjadi peserta asuransi unit link. Layanan ini memang sangat menarik. Sebab ada kelebihan yang tidak didapati di layanan asuransi lain.

 

Misalnya jika kita mengikuti asuransi jiwa murni,  premi yang dibayarkan secara teratur akan hilang jika kita tidak pernah melakukan klaim. Ini berbeda dengan asuransi unit link, yang tidak menghanguskan premi.

 

Bahkan ada keuntungan lain yang sangat menggiurkan. Sesuai dengan keterangan agen asuransi, premi itu punya potensi bertambah karena duitnya diputar sebagai dana investasi!

 

investasi unit link

 

Tapi, harus diingat bahwa asuransi unit link dikeluarkan oleh perusahaan asuransi, yang memiliki layanan utama berupa perlindungan atau proteksi. Jadi kurang tepat rasanya kalau kita berharap duit premi yang dihasilkan dari premi itu akan melimpah ruah.

 

Jika dibandingkan dengan reksa dana, misalnya, hasil investasinya tentu lebih besar karena merupakan murni investasi. Untuk diketahui, ketika membeli polis asuransi unit link, premi yang kita bayar ada juga yang dialokasikan ke reksa dana.

 

Tapi kebanyakan perusahaan asuransi memang tak memberikan informasi ke mana saja duit premi nasabahnya diinvestasikan. Nasabah cukup duduk manis dan menerima laporan per bulan serta duit hasil investasi saat jatuh tempo.

 

Yang harus digarisbawahi di sini adalah kata “investasi” yang melekat pada unit link. Namanya investasi, pastinya ada potensi dana bertambah dan berkurang. Repotnya, mustahil bagi nasabah unit link untuk mengendalikan duit investasinya.

 

Ya, seperti layanan investasi lain, keuntungan dan kerugian unit link bisa dijumpai. Untuk mengetahui lebih lanjut soal keuntungan dan kerugian itu, simak daftarnya berikut ini:

 

Keuntungan Unit Link

keuntungan unit link

 

 

  1. Duit premi sebagai nilai polis tidak hangus, sehingga kelak bisa diambil. Nilai ini bisa dicarikan misalnya untuk dana pendidikan dan dana pensiun.
  2. Asuransi jiwa berlaku seumur hidup (sampai berumur 75, 80, atau 100 tahun, tergantung perusahaan asuransi). Ini lebih lama ketimbang asuransi jiwa murni.
  3. Hanya bayar premi asuransi tapi mendapat manfaat investasi.
  4. Tak perlu repot mengurusi investasi karena sudah ada perusahaan asuransi yang menanganinya.
  5. Menawarkan rider atau asuransi tambahan, jadi tak perlu mencari asuransi pelengkap karena semuanya sudah komplet di unit link. Di antaranya rawat inap di rumah sakit, kecelakaan, kritis, dan cacat total.

 

Kerugian Unit Link

kerugian unit link

 

 

  1. Manfaat investasi tak maksimal karena fokus utama unit link adalah proteksi.
  2. Premi asuransinya lebih mahal ketimbang asuransi jiwa murni.
  3. Tak ada jaminan keuntungan dalam hasil investasi. Artinya, bisa saja investasi dari duit premi nasabah malah tidak mendatangkan laba.
  4. Nilai proteksinya lebih kecil dibanding asuransi jiwa murni.

 

 

Itulah keuntungan dan kerugian unit link secara umum. Pembelian polis asuransi unit link bergantung pada kemampuan dan kebutuhan.

 

Jika memiliki uang yang cukup tapi tak cukup piawai berinvestasi sendiri, asuransi unit link bisa dipilih. Sebab, selain bisa berinvestasi, kita sekaligus mendapat manfaat asuransi.

 

Tapi jika mau dan mampu mempelajari investasi sendiri, ada baiknya kita memilih investasi murni, misalnya saham atau reksa dana. Sebab, hasil investasi dari unit link jauh berbeda dengan hasil investasi murni. [Baca: Belajar Investasi Reksa Dana Sebagai Pilihan Mendulang Uang Lebih]

 

Jadi, tentukan dulu tujuan kita menjadi peserta asuransi unit link. Jangan lupa perhatikan pula seluruh informasi seputar unit link yang akan kita beli baik dari agen maupun brosur, sehingga tak merasa dirugikan saat sudah membeli polis unit link.

 

 

 

Image credit:

  • http://assets.kompas.com/data/photo/2013/04/19/1429499-investasi–780×390.jpg
  • http://www.jasaperencanakeuangan.com/wp-content/uploads/2014/08/asuransi-unit-link.jpg
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/676/big/rupiah-saham-turun-131201b.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com