Simak Info Penting Ini Buat yang Pengen Punya Kartu Kredit

by DuitPintar 699 views1

Kartu kredit bikin hidup lebih gampang. Mau beli handphone baru dengan cicilan tanpa bunga, bisa. Mau dapat diskon makan di restoran, bisa juga.

[Baca: Fasilitas-Fasilitas Kartu Kredit Ini Bikin Untung]

Tapi di dunia ini gak ada yang sempurna. Meski kartu kredit punya banyak manfaat, kalau gak hati-hati menggunakannya kita malah bisa kejebak.

Sebenarnya kartu kredit gak berniat menjebak. Cuma ada beberapa hal yang mewajibkan kita untuk ekstra waspada, terutama kalau kita gak begitu paham soal aturan bank.

[Baca: Waspada Biaya Siluman, Ayo Pahami Tagihan Bulanan Kartu Kredit]

Kalau kamu termasuk yang pengen punya kartu kredit untuk meraup manfaatnya yang bejibun, simak info penting berikut ini:

Apply kartu kredit di mana?

Di Indonesia, bank yang berhak menerbitkan kartu kredit. Antara bank satu dan bank lain punya penawaran sendiri-sendiri. Jenis kartu kredit dari tiap bank pun berbeda.

Berdasarkan limit kartu kredit dan fasilitas yang ditawarkan, bank biasanya menawarkan kartu kredit jenis:

– Silver

– Gold

– Platinum

Selain tiga jenis itu, ada kartu kredit khusus misalnya yang punya fitur diskon belanja di supermarket dan diskon tiket pesawat terbang. Kalau pengin punya kartu kredit pertama, cari yang paling pas dengan kebutuhan dan gaji per bulan buat bayar tagihan.

Selain menghubungi langsung ke bank, kita juga bisa mendapat bantuan dari pihak ketiga yang untuk memperoleh kartu kredit. Pihak ketiga ini punya akses langsung yang resmi ke bank, sehingga permohonan kartu kredit lebih mungkin dikabulkan oleh bank.

Sekarang jamannya online. Apply kartu kredit lewat internet, hemat waktu, hemat energi. Misalnya, lewat DuitPintar.com :)
Zaman online nih. Apply kartu kredit lewat internet dong! Misalnya, lewat DuitPintar.com (Aplikasi Online)

Kadang di mal-mal juga ada agen kartu kredit yang menawarkan pembuatan kartu kredit. Namun hati-hati ya sama pihak yang menawarkan kartu kredit tanpa syarat. Biasanya modus seperti itu ujung-ujungnya bikin dongkol, kayak tersebarnya data pribadi dan diminta membayar biaya ini-itu.

Hak dan kewajiban bank dan pemegang kartu kredit

Hubungan antara bank dan pemegang kartu kredit adalah simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan. Tapi tentu ada syaratnya, yaitu kedua pihak sama-sama menghormati hak dan kewajiban masing-masing.

Hak pemegang kartu kredit

1. Mendapat fasilitas sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan disetujui kedua pihak.

2. Mendapat tagihan baik berupa print-out (cetakan) maupun dikirim via e-mail.

3. Memperoleh transparansi soal biaya bunga atas transaksi apa pun yang menggunakan kartu kredit.

4. Menyampaikan pengaduan ke bank jika merasa keberatan soal kartu kredit tersebut.

5. Memperoleh kesempatan menambah limit dan kartu kredit lain dari bank terkait.

Kewajiban pemegang kartu kredit

1. Membayar tagihan bulanan, bunga, dan denda sesuai dengan ketentuan.

2. Memberi tahu pihak bank jika ada perubahan data padanya, misalnya pindah rumah.

3. Membayar iuran per tahun (biasanya gratis untuk 1 tahun pertama).

4. Memberi tahu pihak bank jika hendak menutup kartu kredit tersebut.

Jangan hanya menuntut hak, namun juga melaksanakan kewajiban sebagai pengguna kartu kredit.
Jangan hanya nuntut hak, kewajiban dijalanin juga dong (Pengguna Kartu Kredit / Blogspot)

Hak bank

1. Memblokir kartu setiap saat jika terjadi hal-hal yang membolehkan pemblokrian sesuai dengan ketentuan.

2. Jika harus menggunakan pihak ketiga untuk menagih pembayaran tagihan, misalnya pengacara dan biaya pengadilan, bank bisa membebankan biaya pihak ketiga itu kepada pemegang kartu.

3. Menetapkan ketentuan kartu kreditnya, seperti besaran bunga, tanpa berkonsultasi dengan pemegang kartu.

4. Mengungkapkan data pribadi pemegang kartu ke pihak yang berkepentingan jika terjadi suatu masalah, misalnya pemegang kartu gagal melunasi tagihan.

5. Menggunakan data pemegang kartu kredit untuk kebutuhan pemasaran layanan bank tersebut.

Kewajiban bank

1. Menetapkan ketentuan kartu kreditnya, misalnya besara bunga, sesuai dengan aturan pemerintah.

2. Melayani setiap pengaduan dan pertanyaan dari pemegang kartu.

3. Memberikan transparansi dan informasi yang jelas seputar kartu kreditnya.

4. Memberi tahu pemegang kartu kredit jika terjadi perubahan fasilitas pada kartu kredit yang dipegangnya.

Harus aktif bertanya sebelum mengajukan permohonan - apapun itu.
Malu bertanya sesat di jalan (Icon Bertanya / Blogdetik)

Itulah hal-hal penting tentang kartu kredit buat kamu yang ngebet punya kartu ajaib itu. Ingat ya, kartu kredit adalah alat bayar yang bersumber dari utang. Kita harus pandai mengelola keuangan agar utang itu lunas terbayar dan hidup semakin tenang.

 

CTA Kartu Kredit

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com