Simak Ini Dulu Deh Sebelum Memutuskan Mengajukan KPR atau KPA

by DuitPintar 4.272 views0

kredit pemilikan apartemen

Perkara yang sering dihadapi masyarakat adalah bingung antara memilih rumah atau apartemen. Keduanya tentu memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

 

Tentu masing-masing individu punya pertimbangannya sendiri kala memilih hunian. Tapi yang jelas, memilih properti yang tepat gak bisa dilakukan sembarangan. Kalau perlu, berpikir sekian kali dulu sebelum teken kontrak.

 

Nah, ada baiknya kamu renungkan dulu beberapa pertimbangan di bawah ini sebelum memutuskan mengajukan KPRĀ atau KPA. Pasalnya, properti adalah tempat tinggal yang kemungkinan bakal ditempati untuk jangka lama, jadi jangan tergesa-gesa sebelum benar-benar mantap.

 

[Baca: Pengin Beli Apartemen Tapi Gak Punya Tunai Keras, Coba Pertimbangkan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)]

 

1. Sesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan

Membeli hunian tentu saja harus disesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhanmu. Gak cuma itu, faktor penghasilan juga berpengaruh.

 

Gak ada salahnya membandingkan harga rumah tapak dengan unit apartemen. Kemudian kalkulasikan lagi cicilan atau pengeluaran lain.

 

2. Lokasi, jarak

Mencari rumah tapak dengan harga terjangkau berarti harus siap dengan jarak tempuh yang makin jauh. Pasalnya, lokasi rumah tentu bakal jauh berada di pinggiran kota. Sementara itu, apartemen menyediakan lokasi yang strategis dan dekat dengan sarana transportasi.

 

kpr atau kpa

Jarak rumah ke kantor makin jauh. Duh, seandainya kerjaan kantor bisa dibikin LDR juga eeeaaa…

 

 

Saat ini harga apartemen memang tergolong mahal, bisa di kisaran Rp 600 juta hingga milyaran. Sementara harga rumah mulai dari Rp 150 jutaan. Tapi gak sedikit pengembang yang menawarkan apartemen bersubsidi. Hanya saja gaji maksimal gak boleh lebih dari Rp 7 juta per bulan.

 

[Baca: Beli Apartemen Bersubsidi di Jakarta Cuma Bisa Dikabulkan dengan 6 Syarat Ini]

 

3. Pertimbangan soal hak milik

Sudah bukan rahasia lagi kalau membeli rumah atau apartemen memiliki perbedaan pada hak milik. Untuk rumah tapak, kamu berarti memiliki tanah dan bangunan yang kamu tempati. Sementara untuk apartemen, kamu cuma memiliki unit tersebut, sementara tanahnya gak termasuk.

 

4. Pertimbangan renovasi sesuai selera

Memiliki rumah berarti kamu bisa bebas merenovasi bangunan sesuai selera. Mau dirombak total sesuai selera silakan selama ada rezeki. Sementara untuk apartemen tentu saja terbatas. Kemungkinan kamu cuma bisa merombak interior agar gak jenuh.

 

Rumah kadang juga dilengkapi dengan halaman walau terkadang cukup kecil. Halaman ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berkebun atau disulap menjadi tempat santai sekeluarga.

 

5. Biaya pemeliharaan

Ngomongin soal biaya pemeliharaan tentu berbeda bagi kedua jenis hunian tersebut. Untuk rumah tapak memang tergantung lokasi. Seumpama rumah berada di kluster, biaya yang harus dibayar biasanya meliputi uang sampah dan uang keamanan. Untuk apartemen kurang lebih sama, tapi besarnya bisa berbeda-beda tergantung kelas apartemen tentu saja.

 

kpr atau kpa 1

Cuma rumah tapak yang bisa direnovasi baik eksterior maupun interior

 

6. Fitur lain

Seandainya rumahmu berada di lokasi yang biasa saja, mungkin gak bakal menikmati sarana dan prasarana pelengkap gaya hidup. Sementara di apartemen, beberapa pengembang melengkapinya dengan kolam renang dan fasilitas lainnya.

 

Saat ini masyarakat memang masih lebih memilih hunian tapak dibandingkan vertikal macam apartemen, kondotel atau kondominium. Namun menurut Indonesia Property Watch (IPW), apartemen ini bakal menjadi hunian lazim di Indonesia dalam kurun 10 tahun mendatang. Alasannya masih sama, mobilitas tinggi bakal gak efisien kalau jarak antara rumah dan tempat kerja makin jauh ditambah dengan kemacetan.

 

Nah, jadi lebih memilih apartemen atau rumah? Seperti yang sudah dijabarkan, keduanya tetap memiliki keunggulan dan kelemahan masing. Intinya kembali pada kebutuhan dan kemampuan saja.

 

[Baca: 5 Iming-iming Iklan Properti Online yang Harus Diwaspadai]

 

 

 

Image credit:

  • http://3.bp.blogspot.com/-cdiMLJsK-xk/Uk1-ZjsMZLI/AAAAAAAAAE0/uWiRrbWD_zw/s1600/Kata+Kata+Romantis+Cinta+Pacaran+Jarak+Jauh.jpg
  • http://www.usahaproperti.com/wp-content/uploads/2016/01/4-Persiapan-Sebelum-Renovasi-Rumah.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com