Simak Yuk 6 Cara Berburu Modal Usaha Ramadhan Buat Nambah THR Lebaran

by DuitPintar 6.103 views1

Simak Yuk 6 Cara Berburu Modal Usaha Ramadhan Buat Nambah THR Lebaran (1)

Wahh, bulan puasa sudah tiba! Pasti seneng dong akhirnya bisa bertemu kembali dengan bulan penuh berkah ini.

Bulan Ramadhan memang memberikan banyak berkah gak cuma dari segi rohani, tapi juga jasmani. Banyak peluang mencari rezeki di bulan ini. Lihat saja, bisnis makanan dan minuman bertebaran di setiap ruas jalan.

Belum lagi bisnis baju muslim dan oleh-oleh khas lebaran. Hmm, saking banyaknya jadi bingung memilihnya.

Nah, ga ada salahnya dong nyoba berbisnis. Selain menambah pahala kenapa gak nyoba menambah pundi-pundi juga?

Soal modal mah belakangan. Banyak jalan kok menuju Roma. Lumayan kan kalo ada sedikit laba. Bisa buat menambah uang THR kala berlebaran di kampung.

Nah, mumpung masih semangat puasa, simak yuk cara berburu modal usaha Ramadhan yang pastinya halal.

[Baca: Gak Pengin Usahamu Kebobolan, Coba Mulai Mengurangi Biaya Operasional Bisnis Deh]

1. Menjual barang gak terpakai

Barang yang gak terpakai cuma bakal mubazir. Kenapa gak dijual saja? Siapa tahu malah bermanfaat bagi orang lain. Selain itu lumayan kan hasil penjualannya bisa buat nambahin modal usaha.

BERBURU MODAL USAHA RAMADHAN 1
Ngabuburit sambil jualan barang bekas boleh juga tuh daripada cengo cuma ngeliatin jam dinding

Sekarang jual barang sudah gampang banget. Mau online atau offline silakan aja. Cara yang bisa ditempuh salah satunya adalah ikutan garage sale atau bazaar.

2. Menggunakan tabungan

Mengambil sebagian tabungan untuk membuka usaha itu sah-sah saja loh. Ingat, sebagian loh ya, bukan semua isi tabungan.

Mengambil tabungan untuk modal memang jadi salah satu cara yang aman. Pahit-pahitnya kalau memang usahamu gak berkembang, paling gak kamu gak memiliki beban utang.

3. Patungan bareng teman atau keluarga

Kalau tabungan dirasa gak mencukupi, kenapa gak mengajak sanak saudara atau teman untuk patungan modal? Cara kekeluargaan kayak gini memang lebih disarankan.

BERBURU MODAL USAHA RAMADHAN
Kata orang, semua bakal lebih ringan kalau dikerjakan bersama-sama

Tapi tetap harus ada perjanjian hitam di atas putih. Bukan karena saling gak percaya, tapi agar ke depannya lebih jelas antara pembagian modal, laba dan arah bisnis.

4. Pakai kartu kredit

Cara lain buat mencari modal adalah menggunakan kartu kredit. Eh, memangnya aman ya? Hmm, sebenarnya sah-sah saja memakai kartu kredit, cuma ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan dipatuhi.

Misalnya, berapa limit kartu kreditnya? Berapa limit tarik tunainya, dan sebagainya. Perhatikan juga tanggal jatuh tempo tagihan dan denda seandainya (amit-amit) telat bayar.

[Baca: Mommies, Modal Usaha dari Kartu Kredit Suami, Kalau Utangnya Produktif, Kenapa Tidak?]

 

5. Menyisihkan gaji

Menggunakan beberapa persen dari gaji untuk membuka usaha ya gak masalah. Asalkan semua prioritas sudah terpenuhi. Kalau ada sisa, baru deh bisa digunakan untuk usaha.

Jangan malah sebaliknya ya, buat modal usaha dulu baru bayar tagihan dan kebutuhan lain belakangan. Itu sih malah menjerumuskan ke masalah baru.

 

6. Coba cari pinjaman

Kalau semua cara di atas udah mentok kenapa gak mencoba mencari pinjaman kredit multiguna? Saat ini sudah gampang mau nyari jenis kredit satu ini. Jaminannya gampang, bisa BPKB kendaraan atau sertifikat rumah.

BERBURU MODAL USAHA RAMADHAN
Kredit multiguna bisa jadi jalan keluar kalau kamu stuck mencari modal

 

Apalagi pas bulan puasa kayak gini, ada lembaga pembiayaan yang bahkan memberi bunga 2% lebih rendah dibanding bulan biasa. Gak cuma itu, selama dua bulan pertama masa cicilan, konsumen cuma bayar bunga saja loh alias pokok utangnya gratis.

 

Simulasi dengan Kredit Multiguna

Cuma yang harus digarisbawahi, pastikan cicilan bulanan gak membebani keuanganmu. So, bikin simulasi sendiri dulu deh sebelum mulai mengajukan.

Misalnya saja nih, kamu hendak menjaminkan BPKB mobil keluaran tahun 2012 untuk mencari modal sebesar Rp 100 juta. Setelah melalui proses appraisal, harga kendaraan dinilai sebesar Rp 110 juta.

Nilai pinjaman: Rp 110 juta

Biaya admin: Rp 300 ribu

Biaya asuransi: Rp 200 ribu

Bunga: 2% per bulan (24% per tahun) flat

Tenor: 3 tahun (36 bulan)

 

Detil cicilan per bulan adalah:

Cicilan per bulan: Rp 110 juta / 36 bulan = Rp 3.055.555

Bunga cicilan per bulan: Rp 110.000.000 X 24% X 3) / 36 = Rp  2.200.000

Total cicilan per bulan = Rp 5.255.555

 

Nah, kalau bebas cicilan pokok utang selama dua bulan, berarti kamu cuma bayar bunga saja yaitu sebesar Rp 2.200.000.

 

Sudah gak jaman deh, bulan puasa cuma diisi dengan bermalas-malasan. Justru dengan berpuasa harusnya kamu makin semangat dalam mengerjakan apapun, gak terkecuali menjalankan usaha.

[Baca: Pinjaman Kredit Multiguna Kelas Kakap, Rp 500 Juta ke Atas, Cari ke Mana?]

 

Mau Dapat Diskon Bunga dan Cicilan Kredit Multiguna Gratis Dua Bulan? Klik di Sini

DP-BFI-CTA Button

 

 

Image credit:

  • http://architectaria.com/wp-content/uploads/2013/03/garage-sale-jual-barang-bekas.jpg
  • http://www.konfrontasi.com/sites/default/files/styles/article_big/public/article/2016/05/jointventures.jpg?itok=T3he3MRa
  • https://kreditgogo.com/img/u/Kredit-Tanpa-Agunan/ktarupiah2.766781234.png

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com