Sudah Punya Izin Rumah Kost di Jakarta Belum? Awas, Kena Gusur Seperti di Tebet

by DuitPintar 2.574 views1

izin rumah kost di jakarta thumbnail

Rumah kost yang jadi tempat kejadian perkara pembunuhan pekerja seks di Tebet akhirnya digusur. Gara-garanya, rumah itu dijadikan kost-kostan tanpa izin.

 

Pemerintah DKI Jakarta sejak 2012 memang galak terhadap bangunan yang gak berizin. Rumah-rumah di bantaran kali sering jadi target gusuran. Gantinya, para penghuninya dibangunkan rumah susun dengan sistem sewa dan fasilitas lebih baik.

 

Tindakan ini menjadi peringatan keras buat para pemilik bangunan di Jakarta. Terutama pemilik rumah kost, yang memang seperti jamur di musim hujan alias banyak sekali.

 

Jakarta sebagai ibu kota tentunya menarik banyak orang untuk datang. Dari yang datang sebagai mahasiswa, pekerja, sampai berniat mengadu nasib dari daerah, semuanya pasti butuh tempat tinggal.

 

Kalau ada saudara sih enak, bisa numpang. Tapi kalau gak? Mau langsung beli rumah di Jakarta? Bisa sih, tapi yakin duitnya cukup? [Baca: Investasi Properti Jabodetabek: Lihat Dulu Estimasi Kenaikan Harga di Masing-Masing Daerah Ini]

 

Walhasil, kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh warga Jakarta yang kebetulan punya modal yang cukup buat bikin usaha kost-kostan atau kontrakan. Tapi, sayangnya, banyak yang mengabaikan aturan dalam bisnis ini.

 

Misalnya asal bangun rumah kost tanpa izin mendirikan bangunan. Rumah kost ada 20 pintu, fasilitas kelas atas, tapi izinnya bodong.  Kalau ketahuan, pemilik kost bakal rugi. Gak mau kan, udah capek tenaga capek dompet bangun bisnis tapi tiba-tiba digempur habis?

 

Aturan mengenai izin rumah kost di Jakarta tercantum dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 2693 Tahun 1987 tentang Pedoman Pengaturan Perumahan Pemondokan dalam Wilayah DKI Jakarta. Perumahan pemondokan di sini termasuk rumah kost.

 

kantor kecamatan di jakarta barat

Ngurus-ngurus izin di Jakarta sekarang beda ama dulu-dulu. Jadi gak ada alasan malas minta izin usaha. Ketimbang usahanya digusur… 

 

 

Menurut laporan Harian Umum Pelita, pengurusan surat izin rumah kost di Jakarta bakal dipermudah. Pemilik rumah kost tinggal mendatangi kecamatan setempat dan mengisi formulir untuk mendapat izin itu.

 

Adapun syarat dokumen yang diperlukan dalam mengurus izin rumah kost di Jakarta antara lain fotokopi:

 

Dalam laporan itu disebutkan proses ini memakan waktu sekitar 5 hari kerja. Kalau setelah 5 hari gak ada kabar, kita bisa menanyakannya ke kecamatan terkait. Tapi mekanisme itu baru berlaku di Jakarta Barat, belum diterapkan ke semua wilayah DKI.

 

Jika rumah kost berada di luar Jakarta Barat, sambil menunggu aturan itu dilaksanakan secara merata, perizinan diurus ke kantor pelayanan terpadu satu pintu di Balai Kota. Dokumen yang dibawa kurang-lebih sama.

 

Hal penting lain yang harus diingat dalam bisnis rumah kost yaitu membayar pajak. Menurut keputusan gubernur di atas, rumah kost yang jumlah kamarnya 10 atau lebih wajib membayar pajak penghasilan. Besarnya pajak tergantung pada penghasilan dari bisnis itu.

 

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1996 menjelaskan, pajak penghasilan ditetapkan 10 persen dari total pendapatan subyek pajak. Subyek pajak bisa berbentuk perseorangan ataupun badan usaha.

 

Misalnya punya rumah kost 10 kamar yang per kamar dihargai Rp 500 ribu per bulan. Berarti total per bulan mendapat Rp 5 juta kalau kamar penuh. Pajak penghasilannya 10 persen x Rp 5 juta= Rp 500 ribu.

 

pajak rumah kos

Pajak wajib dibayar kalau aturannya memang begitu. Kalau gak dibayar, bisa dipermasalahkan usaha kita. 

 

 

Ingat, menjalankan bisnis itu ada aturannya. Kalau tak patuh, bisa-bisa bisnis terancam gulung tikar. Gimana coba kalau bisnis itu dibangun dari kredit bank? Pinjaman belum lunas, usaha udah bablas. Amit-amit dah… [Baca: Kredit Usaha Rakyat (KUR) Untuk Jadi Pengusaha]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.kostjakarta.com/images1/44_1.jpg
  • http://kontraktorrumah.com/images/rumahkost/kontraktor%20rumah%20kost%20ruko%20jakarta%2009.jpg
  • http://assets.kompas.com/data/photo/2014/05/31/133852220140531-121538780×390.jpg
  • http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/804912/small/080833100_1422933463-Ilustrasi-Pajak-150203-andri.jpg

Masih banyak lagi dari duitpintar.com