Sudah Sering Pasang Iklan Online tapi Bisnis Gak Moncer? Mungkin Ada yang Salah…

by DuitPintar 4.895 views0

Sudah Sering Pasang Iklan Online tapi Bisnis Gak Moncer- Mungkin Ada yang Salah… (1)

Iklan alias promosi adalah nyawa dari suatu bisnis. Gak peduli seberapa besar modal yang kita pakai, kalau bisnis gak diiklankan bakal sia-sia.

Bahkan yang modalnya kecil bisa lebih sukses gara-gara iklan keren. Namun, perlu diingat, pasang iklan saja gak cukup untuk memastikan bisnis moncer. Apalagi bisnis jual-beli online.

Berbeda dengan bisnis di dunia nyata, usaha jual-beli di dunia maya lebih luas bidangnya. Membangun bisnis online pun lebih gampang di Internet.

[Baca: 6 Alamat untuk Bikin Website Gratis untuk Bisnis Online]

Karena itu, pesaingnya lebih banyak. Jika sampai salah menerapkan strategi, bakal kelibas lawan. Termasuk strategi beriklan.

Bagaimana strategi beriklan yang efektif dan efisien untuk bisnis online? Kalau jawabanmu bikin bom iklan, itu salah besar.

Bom iklan alias iklan yang dikeluarkan terus-menerus kemungkinan besar efektif. Orang-orang bakal tahu bahwa ada merek bisnis itu. Mereka bisa saja penasaran mencari tahu gimana sih produk/jasa yang ditawarkan itu.

Tapi efisienkah? Iklan dalam jumlah besar artinya duit dalam jumlah besar pula. Sementara itu, kepastian bahwa bisnis akan laku belum ada.

Gimana kalau sudah keluar duit banyak untuk pasang iklan online, tapi bisnis tetap saja gak moncer? Apa gak nangis darah tuh?

 

Iklan Bisnis Online Ideal

Seperti disebutkan sebelumnya, bisnis online beda dengan bisnis offline. Strategi beriklannya pun otomatis berbeda.

pasang iklan online
Karena online, calon pembeli jelas gak bisa mencoba atau memegang dong? Makanya bikin deskripsi sedetil mungkin

 

Kalau punya toko baju di mal, misalnya, orang bisa melihat poster iklan di jalan. Lalu datang ke toko dan melihat langsung baju yang dijual sebelum membelinya.

Jika toko baju itu online, otomatis kita harus memasukkan faktor pengalaman datang dan melihat langsung di toko ke dalam iklan. Jadi, orang yang melihat iklan itu di Internet setidaknya bisa tahu, “Oh, begini kualitas bajunya.”

Itulah iklan bisnis online ideal. Tanpa harus bersentuhan langsung dengan barang dagangan, masyarakat mesti bisa dibuat yakin bahwa produk itu cocok untuknya dan karena itu mesti dibeli.

Sedikitnya ada 3 hal yang mesti diperhatikan ketika bikin iklan bisnis online agar diperhatikan dan laku:

 

1. Foto produk

Foto produk yang ditampilkan mestilah yang terbaik. Bikin foto dengan resolusi semaksimal mungkin, bukan foto pecah-pecah. Sebab, yang pertama kali dilihat orang dalam iklan pastinya foto.

Sudut pandang pengambilan foto juga mesti dilihat. Cari angle terbaik pada produk itu untuk ditampilkan. Produk sepatu, misalnya, pasang foto dengan beragam angle biar pengunjung tahu tiap sisi barang dagangan tersebut.

Jika perlu, sewa fotografer yang tahu soal pemasaran produk lewat gambar. Tapi, demi menekan pengeluaran, sebaiknya pakai foto sendiri.

 

2. Judul iklan

Selain foto, judul akan mempengaruhi orang untuk memutuskan beli atau tidak produk jualan kita. Jika judul dibuat sembarangan, pengunjung bakal pergi.

Misalnya jual kerajinan tangan dari kulit. Di iklan ditulis besar-besar “Jual Kerajinan Kulit Berkualitas Terbaik”. Tapi ternyata ada produk yang pakai kulit imitasi.

pasang iklan online
Selalu pakai deskripsi sederhana dan mudah dimengerti, biar pengunjung cepat paham

 

Pengunjung bisa saja kecewa karena berharap yang dijual semua kulit asli. Apalagi sengaja pakai kata bahasa asing seperti faux leather.

Di situ ada kata “leather” yang artinya kulit. Buat orang yang gak tahu, dipikirnya produk itu berbahan kulit. Padahal ada kata “faux”, yang berarti imitasi alias tiruan.

Setelah beli, eh, ternyata dapat zonk. Seratus persen dia bakal kabur. Jadi, buatlah judul iklan yang jelas dan jujur. Main aman saja.

 

3. Deskripsi barang

Soal deskripsi alias penjelasan ini mirip dengan masalah judul. Harus dibikin jelas dan jujur. Ditambah komplet.

Kalau judul, mestinya dibikin sesingkat mungkin tapi informasinya jelas. Tapi di bagian deskripsi kita bisa berpanjang-panjang.

Saat jual produk elektronik, misalnya, cantumkan spesifikasinya secara detail. Jika yang dijual makanan/minuman, berikan info soal nilai gizi dan masa kedaluwarsanya.

Deskripsi yang jelas akan membuat pembeli lebih gampang menimbang keputusan beli atau tidak barang itu. Kalau deskripsi asal-asalan, mereka pasti ragu.

pasang iklan online
Saking banyaknya marketplace, kita ngerasa kayak dibombardir sales marketing kala berselancar di internet

 

Atau mereka bakal kirim pesan, tanya ini-itu ke kita. Daripada waktu habis buat melayani pertanyaan yang sama terus tiap pelanggan, sekalian pasang saja info yang sering ditanyakan itu di iklan alias Frequently Asked Questions (FAQ)

[Baca: Apa Saja Sih Persiapan Sebelum bisnis Online? 10 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan]

Bisnis online masih populer di kalangan banyak orang. Bahkan makin menanjak. Ini terbukti dengan munculnya situs jual-beli alias marketplace satu demi satu.

Itu artinya, medan pertempuran di bidang bisnis ini bakal sengit. Mulailah bertempur dengan iklan yang efektif dan efisien.

[Baca: Memulai Bisnis Online dengan Modal Nyaris Nol? Jangan Kudet Dong!]

 

 

Image credit:

  • http://www.banyumedia.co.id/wp-content/uploads/2013/07/MENGAPA-HARUS-IKLAN-ONLINE.png
  • http://10-ability.ucoz.com/demo/slide-2.png
  • http://bebekmegol.com/wp-content/uploads/2013/10/cara-jualan-online.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com