Susah Nabung? Coba Metode Tanggalan Ini

by bunga 1.088 views0

Susah Nabung

BRILIO LOGO (1)

Menabung dan mengumpulkan uang memang sudah menjadi cita-cita banyak orang. Dari kecil aja udah sering kan diteriakin orangtua soal pentingnya menabung? Belum lagi di lagu-lagu anak. Pesannya semua sama: ayo rajin menabung.

Tapi menabung itu ternyata gak semudah yang kita pikir. Lihat aja, pasti masih banyak dari kamu yang sudah kerja bertahun-tahun tapi saldo di rekening tabungan masih nihil alias nol. Paling cuma keisi pas gaji bulanan cair. Kalau sudah akhir bulan? Balik lagi jadi nol.

susah nabung
Bokek sudah jadi risiko buat orang yang gak bisa nabung (bokek/tiendeo)

Mau sampai kapan kayak begini? Gak usah alasan gaji pas-pasan atau banyak kebutuhan. Menabung itu perkara niat. Kalau udah niat, pasti bisa kok.

Nah, cara menabung sekarang juga udah banyak. Bisa dengan menabung di bank atau dalam bentuk investasi. Bahkan, sekarang ada juga cara unik menabung yang dilakukan berdasarkan sistem tanggal. Apa itu? Simak dulu ulasannya dari Brilio.net berikut ini ya!

Cara Gampang Menabung

Menabung berdasarkan tanggalan ini dilakukan dengan cara menyisihkan uang jajan setelah anggaran untuk kebutuhan utama sudah dipenuhi.

Metodenya cukup simple, yaitu dengan memasukkan uang ke dalam celengan atau toples yang sudah ditempel kalender dari tanggal 1 sampai 30 atau 31. Adapun uang yang ditabung disesuaikan jumlahnya dengan tanggal hari itu. Artinya, memasukkan uang ke dalam celengan harus rutin dilakukan setiap hari.

susah nabung
Rutin nabung karena nabung penting buat masa depan (nabung rutin/gen muda)

Sebut saja misalnya hari ini tanggal 1, maka uang yang ditabung Rp 1.000. Adapun besok saat tanggal 2, ditabung Rp 2.000. Besoknya lagi tanggal 3 ,ditabung Rp 3.000. Begitu seterusnya sampai akhir bulan.

Setelah nanti sudah akhir bulan, uang yang sudah terkumpul dalam toples atau celengan bisa dikumpulkan, dan yang paling penting harus disimpan di dalam rak yang tidak kelihatan mata, sehingga tidak ada godaan untuk mengambil.

“Cara ini kerasa banget jika di tanggal 15 ke atas,” tutur Amalia Putri yang sudah pernah mempraktikkan cara tersebut. Amalia, melalui akun Facebook-nya mengatakan dia sengaja  memakai toples yang transparan supaya dia semangat memandang lembaran-lembaran uangnya saat menabung.

Susah Nabung
Ayo nabung, biar keuangan makin terjaga (toples celengan/gab santiago)

“Saya juga kasih angka biar gak ada yang kelewat menabungnya atau double,” ujar Amalia. Namun ada tantangan juga yang harus dihadapi untuk menabung dengan metode tanggalan ini, yaitu ketika di tanggal 15 ke atas setiap bulan. Maklum, di tanggal segitu persediaan lembaran uang sering sudah mulai menipis.

“Tapi di sinilah kita justru bisa menguji kemampuan kita. Apakah bisa lulus dengan predikat memuaskan atau menyerah dengan membongkar semua isi tabungan yang ada. Yuukk dicoba,” kata Amalia.

Jadi, tertarik gak nih guys? Boleh lah dicoba, siapa tahu ini cara paling tepat buat kamu untuk bisa rajin nabung, kan?

Masih banyak lagi dari duitpintar.com