Susah Nih Jadi Orang Kaya Kalau Gak Punya 5 Mindset Ini

by Tifanny 720 views0

Jadi Orang Kaya

“Wooy! Ngelamun terus Jon, nanti kesambet lho!” Dion menegur sahabatnya Joni yang sedang asyik dalam lamunannya.

“Aku lagi berkhayal jadi orang kaya nih! Enak ya kayaknya Yon, banyak duit!” jawab Joni sambil ngunyah keripik singkong.

“Aduuuh Jon, gimana mau kaya kalau kerjaanmu ngelamun terus gitu! Usaha dong, kerja keras mumpung masih muda!” jelas Dion sambil menjitak kepala Joni.

Hayooo siapa yang sering ngelamun jadi orang kaya kayak Joni? Mimpi jadi sukses dan berlimpah materi itu gak salah. Tapi, harus sadar kalau semua itu cuma bisa diraih dengan tindakan nyata dan usaha.

Jangan harap kamu bisa jadi orang kaya kalau gak punya lima mindset ini:

1. Nabung dan investasi itu wajib

jadi orang kaya
Asyik dah yang mau nikah, rajin banget nabungnya bro, semangat! (Celengan / brilio)

Nabung, nabung, dan nabung itu udah paling bener. Uang kalau digunakan terus pasti habis. Gak usah ditunda, saat gajian masuk rekening, langsung tabungin sekian persen. Ini bakal berguna banget sebagai darurat ketika ada kebutuhan mendesak.

Selain disiplin nabung, update juga caranya bikin uang kamu beranak-pinak lewat instrumen investasi yang pilihannya makin banyak. Coba mulai ikutan investasi agar tujuan keuangan kamu bisa segera tercapai.

2. Kelola utang dengan benar

Ngutang adalah sesuatu yang gak bisa dihindari. Berutang jadi salah saat porsinya udah melebihi 30 persen dari penghasilan. Kalau ini kejadian, berarti ada yang salah dengan cara kita mengelola utang nih.

Saat hasrat berutang timbul, jangan buru-buru memutuskan. Cek dulu utang yang saat ini masih jadi kewajiban kita, masih aman gak kalau ditambah?

3. Selalu mau memperbaiki diri

jadi orang kaya
Ayo adek, jangan nakal agi ya, biar kalau udah gede jad orang sukses hehehe (Anak Dimarahi Ibu / nakita)

Ayo deh mulai berpikir tentang pencapaian karier saat ini. Apa iya udah cukup, atau harus lebih? Jangan antipati sama input atau kritikan dari orang lain, apalagi kalau sifatnya membangun. Dengan begitu, kamu bisa terus memperbaiki diri.

Tantang diri untuk keluar dari zona nyaman dan lakukan hal-hal yang di luar kebiasaan. Jangan melempem duluan karena malas dan gak mau melakukan usaha lebih keras.

4. Gak gampang iri sama pencapaian orang

Rumput tetangga memang selalu lebih hijau dari rumput sendiri. Tapi bukan berarti kita cuma bisa iri dan nyinyir dengan kesuksesan orang lain.

Justru jadiin kesuksesan orang sebagai pemecut semangatmu agar bisa jadi lebih sukses. Kalau cuma bisa iri doang, ya gak ada pengaruh apa-apa juga buat hidupmu kan? Harus ada langkah nyata dong. Kalau perlu belajar langsung dari mereka. Jangan gengsi!

5. Mau hidup sederhana dan hemat, tapi bukan pelit

Pasti kamu punya akun Facebook dong? Tahu kan Founder dan CEO Facebook Mark Zuckerberg yang kerap tampil sederhana walau sudah bergelimang harta? Bajunya saja cuma kaos dan jeans dengan warna yang sama setiap hari.

jadi orang kaya
Ya kaleee setiap hari makan mie instan masbro, gak segitunya juga deh! (Makan Mie Instan / wajibbaca)

Eits, jangan langsung bilang Mark itu pelit ya. Salah satu alasan Mark mengenakan baju sederhana adalah karena menurut dia, mengikuti tren hanya bakal bikin hidup jadi konsumtif. Ia lebih memilih mengalokasikan uangnya ke hal-hal penting, seperti investasi dan beramal.

Siapa yang gak mau kaya? Pasti semua orang juga mau. Tapi jadi orang kaya itu butuh usaha dan kerja keras, kecuali kamu cucunya raja ya.

Ubah mindset yang salah dan bikin kamu sulit mencapai kesuksesan. Jangan cuma bikin teori dan strategi, tapi lakukan! Gak ada yang gak mungkin kalau mau berusaha. So, selamat berusaha jadi orang kaya ya!

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ini Resep Orang Kaya Mengelola Keuangan]

[Baca: 5 Orang Indonesia Terkaya yang Memulai Dari Bawah Hingga Sekarang Jadi Miliarder]

[Baca: Kalau Sudah Kaya Jangan Sampai Bangkrut Kayak 5 Selebriti Ini]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com