Tahun Ini Bayar Tol Gak Boleh Pakai Uang Tunai. Ini Keuntungannya

by akbar 329 views0

bayar tol

Seperti diketahui, Pemerintah bakal menutup layanan transaksi tunai di jalan tol sebagai bagian dari Gerakan Nasional Non Tunai. Itu artinya, kamu wajib punya uang elektronik (e-money) yang bisa digunakan buat bayar tol.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan mekanisme ini akan diberlakukan di gerbang tol Jabodetabek lho. Soal kapan waktu berlakunya, memang belum ada kepastian, tapi direncanakan efektif tahun ini.

Jadi siap-siap aja yang belum punya uang elektronik, dibuat aja dari sekarang. Pilihannya juga banyak, ada E-Money Mandiri, Brizzi, Tap Cash, atau E-Toll.

bayar tol
Nah yang belum punya berarti wajib bikin kartu ini nih (e-toll card/doing business)

Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pungky P. Wibobo juga mengatakan di masa depan, pembayaran tol bisa dilakukan lewat rekening ponsel. Sudah jelas kan, bahwa transaksi non-tunai memang sedang dikampanyekan di Indonesia.

Ditambah lagi, tahun ini 4 bank besar berencana untuk membangun sistem uang elektronik terpadu. Jadi tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu punya e-money supaya transaksi pembayaran jadi praktis.

Balik lagi ke soal bayar tol non-tunai, jelas manfaatnya jauh lebih banyak ketimbang bayar tunai. Nah, kamu mau tahu apa saja manfaatnya? Simak lebih lanjut di bawah ini.

1. Durasi bayar tol jadi makin singkat

Berbeda dengan metode tunai, bayar tol non-tunai hanya butuh waktu sepersekian detik. Mungkin terkadang ada hambatan di alat pembayaran yang digunakan, namun diprediksi waktunya hanya akan bertambah 2 detik.

Jelas beda kan sama bayar tunai? Kamu harus keluarin duit dulu dari dompet. Belum lagi kalau ribet ngeluarin duitnya dan jadi kelamaan di loket. Pasti diklaksonin sama mobil belakang.

2. Meminimalisir kemacetan di tol

Kamu pasti sering menjumpai kemacetan di gardu tol Jabodetabek. Sebut saja seperti di pintu tol Karang Tengah yang dipenuhi truk-truk besar atau pintu tol Cibubur yang padat kendaraannya. Belum lagi banyak kendaraan yang saling serobot antrean tol.

bayar tol
adem banget hati liat jalan tol lancar begini (tol lancar/pos kota news)

Dengan transaksi non-tunai ini, otomatis kemacetan bisa berkurang. Gak akan ada lagi antrean panjang karena setiap kendaraan yang masuk ke pintu tol hanya butuh waktu sekitar 3 detik buat bayar, setelah itu langsung gas.

Kemacetan berkurang, mood kamu di perjalanan pun gak rusak karena cepat sampai tujuan. Konsumsi bensin juga lebih irit karena gak perlu start-stop saat di dekat pintu tol.

3. Interior mobil jadi lebih bersih

Apa pengaruhnya sama interior mobil? Jelas ada pengaruhnya. Nih, di antara kamu pasti ada dong yang setiap hari melintasi jalan tol untuk ngantor tapi selalu bayar tunai?

Pasti selalu sedia duit receh di salah satu laci dashboard. Atau di dekat handle pintu sopir biasanya ada pecahan Rp 500 perak.

Tumpukan uang atau receh yang ada di mobilmu itu kan mengganggu pemandangan ya. Mungkin sebagian dari kamu menyimpan duitnya di dompet, tapi tentu gak akan praktis seperti menaruhnya di dashboard atau di bagian mobil lain.

Nah jika transaksinya hanya dengan kartu, gak perlu lagi kan stok duit receh atau kertas di mobil dalam jumlah banyak. Paling hanya butuh sedikit untuk bayar parkir atau pak ogah.

4. Gak ada potensi kembalian tol kurang

bayar tol
bayar selalu pas (bayar tol/merdeka)

Buat yang selalu bayar tol dengan tunai, apakah kamu sempat menghitung jumlah kembalian yang diberikan petugas loket? Jangankan ngitung, ngelihat duitnya aja kadang gak dilakukan karena buru-buru jalan kan.

Bisa jadi kembalian yang kamu terima kurang, ya petugas loket juga manusia kadang bisa salah juga kan dalam urusan kembalian. Tapi masa iya mau mundurin mobil untuk ngambil kekurangan kembalian ke loket.

Kalau bayar tolnya secara elektronik, kamu hanya butuh memastikan kalau saldo di kartumu cukup. Gak bakal ada kembalian pastinya, dan gak ada risiko kelebihan bayar juga.

Sampai Maret 2017, Gubernur BI Agus Martowardoyo mengatakan bahwa 70 persen transaksi di setiap pintu tol masih dilakukan dengan tunai. Padahal Gerakanan Nasional Non Tunai sudah dicanangkan sejak 2014 lho.

Berarti mulai dari sekarang, yuk kita ikut sukseskan program ini. Biar jalan tol jadi gak macet dan pembayaran lebih efisien.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 4 Bank Besar Mau Bikin Sistem Uang Elektronik Terpadu. Apa Sih Untungnya?]

[Baca: Apa Itu Dompet Elektronik? Kenalan Dulu Sebelum Belanja Online]

[Baca: Lebih Hemat Mana, Transaksi Tunai atau Non-Tunai?]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com