Terapkan Prinsip Ini Kalau Mau Mengurangi Kebiasaan Belanja

by Tifanny 589 views0

mengurangi kebiasaan belanja

BRILIO LOGO (1)

Ngomongin perempuan, pasti banyak yang mengeluarkan komentar miring kalau kaum Hawa itu identik dengan tingkah laku boros. Penyebabnya, apa lagi kalau bukan karena predikat bahwa perempuan itu doyan belanja.

Walaupun gak sepenuhnya benar, stereotype ini juga gak sepenuhnya salah. Coba aja lihat di pusat perbelanjaan atau department store yang gelar sale gede-gedean. Pasti kebanyakan pengunjungnya perempuan, kan?

Nah, supaya gak terus-terusan dicap sebagai kaum pemboros, yuk belajar menahan hasrat belanja kita. Brilio.net punya solusinya nih.

mengurangi kebiasaan belanja
Gimana gak boros kalau dikit-dikit belanja? Harus tahan godaan bro, sis! (Belanja Terus / hipwee)

Buat kamu yang mau mengurangi hobi belanja, yang paling dibutuhkan adalah niat kuat dan komitmen. Menurut Cicilia Nina Triana Wuryanti, Chief Agency Officer sebuah perusahaan asuransi ternama, ada cara sederhana yang bisa kamu terapkan.

“Yang penting, ketika dapat income, kita ambil porsi berapa persen yang akan ditabung. Pasti cukup,” ujar Cicilia.

Meskipun terdengar mudah, ini sulit untuk dipraktikkan lho. Sebab, kebanyakan dari kita cenderung menabung dengan menyisihkan gaji bulanan. Artinya, keperluan ini baru bisa dipenuhi apabila ada sisa gaji. Kalau gak? Ya pasrah aja gak nabung bulan itu.

mengurangi kebiasaan belanja
Jangan pernah remehkan deh yang namnaya nabung, kita gak tahu betapa besar manfaatnya! (Tabungan / pepperrr)

“Tipsnya memang sederhana, tapi susah dilaksanakan,” lanjut Cicilia.

Makanya, kalau mau mengubah kebiasaan borosmu dalam berbelanja, wajib hukumnya untuk memprioritaskan tabungan begitu terima gaji. Dengan begitu, tiap bulan kamu akan “dipaksa” untuk bertahan hidup dengan saldo yang ada di rekening. Otomatis, mau gak mau kamu bakal menahan keinginan belanja, kan?
Kalau sudah melakukan ini, dijamin kebiasaan belanja kamu yang gak terkontrol pasti akan berhenti dengan sendirinya. Jadi, sudah siap berubah demi kondisi finansial yang lebih baik di masa depan?

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com