Ternyata Ini 7 Alasan yang Bikin Kita Gagal Traveling dan Harus Dibenerin

by Tifanny 372 views0

kita gagal traveling

“Lia, gimana? Bulan depan jadi ikutan aku traveling kan?” tanya Nita kepada Lia yang sedang melamun.

“Hmmm…duh, gak janji deh Nit. Aku belum bikin pasport, belum beli tiket,” jawab Lia sambil pura-pura sibuk ngetik di depan laptop.

“Oh my God Liaaaa, sampai kapan kamu mau gitu terus? Ingat Li, waktu terus berjalan. Nanti suatu saat nyesel lho kalau gak pernah traveling pas kita masih muda gini!” sahut Nita sambil berlalu meninggalkan Lia yang termangu.

Traveling memang menyenangkan dan bisa banget buat jadi penyeimbang hidup kita, lepas dari rutinitas kerja sejenak. Tapi, bagaimana dengan orang-orang yang sebenarnya punya keinginan buat traveling tapi gak pernah terealisasi?

Ternyata ini 7 alasan yang sering bikin kita gagal traveling dan harus mulai dibenerin:

1. Kurang dana atau gak punya duit

kita gagal traveling
Pas dompet kosong baru deh nangis histeris (bokek / bestie)

Alasan paling klise kenapa seseorang gagal traveling adalah biasanya karena kurang dana alias gak punya duit. Walaupun traveling emang butuh duit yang gak bisa dibilang sedikit, tapi alasan gak punya duit buat traveling sebenrnya hanya alasan yang dibuat-buat.

Coba aja lihat, buktinya hangout setiap malam sana-sini bisa, belanja ini-itu bisa, keduanya kan merupakan kegiatan yang membutuhkan dana. Nah, harusnya bisa dong ngurangin kegiatan tersebut dan alokasiin dananya sebagian buat bujet traveling.

2. Takut keluar banyak uang

Kalau alasan yang kedua, punya uang tapi enggan alias sayang kalau duit dikeluarkan buat kebutuhan traveling. Padahal hari gini tuh selama kita mau rajin dan cermat mencari, ada banyak cara buat traveling yang hemat.

Mulai saja dengan rajin menyambangi pameran traveling murah ke beberapa destinasi impian, ikut kuis-kuis berhadiah jalan-jalan, sampai ngecek promo kartu kredit khusus traveling. Kalau gak percaya, contohnya saja kayak Citi PremierMiles atau Stanchart WorldMiles.

Dua kartu kredit ini sering kerja sama dengan situs penyedia tiket pesawat dan booking hotel, kayak Traveloka atau Mister Aladin. Bisa dapat potongan 10 persen lumayan banget, kan?

Gak cuma itu, fasilitas lain yang ditawarkan Stanchart Worldmiles misalnya, gratis akses airport lounge di seluruh Indonesia. Kan enak tuh, nunggu pesawat jadi gak membosankan lagi dan nyaman karena bisa menikmati fasilitas airport lounge.

3. Gak mau rugi kehilangan jatah cuti

Pekerja itu punya hak dan kewajiban. Nah, salah satu haknya adalah mendapat 12 hari istirahat dalam setahun alias cuti tahunan. Hak cuti ini nih yang harusnya dimanfaatin buat sesekali traveling, menenangkan pikiran.

Istilahnya kayak smartphone yang dicharger aja. Kan jenuh ya kalau kerja  terus, setiap hari melakukan pekerjaan dan suasana yang itu-itu saja. Nah, traveling melihat destinasi yang berbeda dan menarik bisa jadi obat stres.

4. Ogah-ogahan alias gak niat

kita gagal traveling
Pengin malas-malasan tapi kok malas ya! (Kucing malas /fotostrana)

Selalu ada jalan menuju Roma, begitulah kata pepatah yang sering kita dengar. Di mana ada niat seharusnya di situ ada jalan ya. Kalau emang dari awal sudah gak niat alias ogah-ogahan ya bakalan gak terwujud deh apa yang ada di angan-angan. Melawan rasa malas dan enggan itu adalah musuh terbesar.

Begitu juga dengan traveling. Kalau kamu cuma ngomong pengin traveling tapi selalu gagal mewujudkannya, itu tandanya kamu gak niat-niat amat. Karena kalau beneran pengin, pasti bakal terwujud kok. Asal itu tadi, niat.

5. Takut

Manusia wajar kalau punya rasa takut. Tapi mau sampai kapan dikuasai oleh rasa takut? Seringkali, rasa takut yang berlebihan itu hanya imajinasi sendiri yang belum tentu terjadi.

Mungkin saat mau traveling kamu sudah parno duluan dengan ketakutan-ketakutan seperti kecelakaan pesawat, kecopetan saat berada di kota orang, tersesat, mengalami sakit parah saat berlibur, dan masih banyak lagi. Padahal itu hanya bayangan sendiri saja kan?

6. Males ribet

Namanya juga traveling. Bepergian ke tempat yang jauh dari rumah pastinya membuat kita harus mempersiapkan dan membawa barang-barang yang akan dibutuhkan selama perjalanan.

Barang-barang kebutuhan pribadi yang mungkin akan sulit ditemukan di tempat nanti kita traveling juga harus dibawa serta. Contohnya obat-obatan pribadi, pakaian, dan lainnya.

Bepergian memang selalu rempong sama yang namanya packing. Tapi jangan jadikan ini penghalang buat kamu berlibur. Cuma ribet sebentar kok, setelah itu kan bakal senang-senang di destinasi impian.

7. Harus ada teman

kita gagal traveling
Emang enak sih liburan bareng teman, seru! (Liburan Bareng / geckosadventures)

Mungkin banyak dari kita yang bilang gak bisa dan gak mau kalau solo traveling. Minimal traveling harus berdua, entah itu sama gebetan, orangtua, atau teman.

Padahal solo traveling juga seru lho. Kita jadi bisa melatih keberanian dan kemandirian dengan menyelesaikan semua permasalahan saat traveling sendiri.

Kalau butuh bantuan, kan bisa minta tolong ke penduduk lokal atau teman traveler lain di perjalanan. Ini justru bisa melatih komunikasi kamu juga, sekaligus memperbanyak teman. Belum lagi masih ada Internet yang bisa kamu jadikan sumber informasi di mana pun dan kapan pun. Jadi jangan jadikan ini alasan untuk gak travel ya!

Mungkin selain ketujuh alasan di atas, masih ada lagi alasan lain yang bikin kita gagal traveling ya. Tapi ingat, kalau gak ada masalah yang gak ada solusinya. Jadi, intinya sih siapapun bisa banget kok mewujudkan impian traveling, selama ada tekad yang kuat dan usaha nyata.

Kalahkan semua rasa malas, takut, dan ragu, maka kamu pun bisa kok mewujudkan mimpi untuk jalan-jalan ke destinasi impian!

CTA Citi Garuda

CTA Standard Chartered Worldmiles

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Punya Hobi Traveling Manfaatin Buat Menghasilkan Uang Lewat 6 Profesi Ini]

[Baca: Nabung Buat Traveling atau Nyicil Rumah]

[Baca: Jangan Cuma Jadi Rencana Doang Lakukan 5 Persiapan Sebelum Trveling Ini]

Tags:

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com