Ternyata Disiplin Bikin Bujet Punya Manfaat Buat Rumah Tangga Loh

by Tifanny 557 views0

displin bikin bujet

Mata Toni terbelalak saat melihat tiga buah amplop tagihan kartu kredit bank bertebaran di meja ruang tamu. Ada nama istrinya tertera di bagian depan. Langsung saja Toni menghampiri istrinya, Lina yang sedang masak di dapur.

“Ma, kenapa sih kamu masih saja boros pakai kartu kredit? Gak mikirin biaya buat sekolahnya si Bayu ya?” tanya Toni sambil melemparkan tiga amplop tagihan tadi. Lina hanya bisa diam saking kagetnya.

Beda pendapat, apalagi antara pasangan adalah hal yang lumrah. Tapi, hati-hati, kalau sudah menyangkut uang. Bisa fatal lho akibatnya. Itulah kenapa selalu diingatkan untuk membuat yang namanya bujet.

Berikut manfaat dari disiplin membuat bujet keuangan bagi pasangan:

1. Bikin hubungan jadi harmonis

Kalau sudah berbicara soal uang, harus terbuka dan transparan. Dengan disiplin membuat bujet, komunikasi antar pasangan pun semakin lancar. Sebenarnya ini tergantung juga ke gaya komunikasi masing-masing pasangan.

disiplin bikin bujet
Aduh, so sweet banget ya kalau lagi akur hehehe (Pasangan Romantis / newsread)

Ada yang walau sudah menikah punya prinsip uang masing-masing itu rahasia. Tapi ada juga yang buka-bukaan hingga ke jumlah gaji pun sama-sama tahu.

Paling gak saat pasangan berkomitmen bikin bujet rumah tangga, mereka jadi sering diskusi soal pandangan masing-masing tentang uang.

2. Jadi saling mengerti

Walau saling sayang dan cinta, setiap pasangan tetap saja dua pribadi yang berbeda. Masing-masing punya kebiasaan dan sifat yang unik. Nah, saat membuat bujet itulah, paling gak bisa jadi lebih paham sama kebiasaan masing-masing dalam memperlakukan uang.

Semisal, suami jadi tahu ternyata istrinya rajin menabung dan bukan perempuan yang gila belanja. Lalu si istri juga misalnya bisa lebih mengerti kalau suaminya boros jika sudah menyangkut otomotif.

3. Lebih terkontrol

Manfaat lain dari bujet keuangan rumah tangga adalah sebagai alat pengendali pengeluaran, terutama untuk hal yang gak penting. Saat ada yang mulai boros dan gak komit sama pengeluaran, pasangan bisa saling mengingatkan.

disiplin bikin bujet
Ayo, saling menahan emosi, jangan cakar-cakaran loh ya! (Saling Mengingatkan / huffingtonpost)

Praktiknya sering gak mudah karena biasanya ada yang baper alias kebawa perasaan. Semisal istri lagi ngincar tas idaman, tapi harganya lumayan mahal, sementara koleksi tasnya sudah numpuk di lemari. Bisa aja tuh pas suami mengingatkan untuk nahan diri, istri bakal bete berat dan gak terima.

Padahal kalau mau direnungkan, tas bukanlah kebutuhan utama, melainkan keinginan yang bisa ditunda. Apalagi kalau sedang merencanakan biaya pendidikan anak atau mau renovasi rumah. Harus sama-sama sadar kalau semua ada prioritasnya.

4. Punya simpanan

disiplin bikin bujet
Asyik mandi uang, beli apalagi dong sayang? (Banyak Harta Simpanan / Blogspot)

Yang namanya mengatur keuangan penting banget agar punya kehidupan yang layak dan masa depan yang tenang. Apalagi saat sudah membangun rumah tangga. Kebutuhan hidup pasti jadi tambah banyak.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari, hingga kebutuhan anak. Dengan disiplin membuat bujet, pasangan mau gak mau jadi ada alokasi buat tabungan, investasi, dan dana cadangan.

Gak ada yang tahu hari esok kan. Saat sudah punya keluarga, pasti ingin orang-orang tersayang tercukupi kebutuhan materinya.

Keuangan selalu menjadi fokus yang penting dalam hidup, walau bukan yang utama. Masih berstatus single atau sudah berpasangan, bikin bujet keuangan itu harus. Uang sebanyak apa pun bakalan habis kalau digunakan terus-menerus.

Makanya, mulai disiplin bikin bujet rumah tangga dari sekarang. Selain arus keuangan terjaga, hubungan sama pasangan juga jadi lebih harmonis.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ini Bukti kalau Bisnis Bersama Pasangan Itu Seru]

[Baca: Simak Nih 4 Cara Pasangan Baru Nikah Bisa Beli Rumah]

[Baca: Pasangan Muda Jangan Malas Diskusi 6 Hal Tentang Keuangan]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com