Ternyata “Teman” yang Kayak Gini Nih yang Bikin Kamu Cepat Bangkrut

by Hardian 756 views0

Bikin Kamu Cepat Bangkrut

Teman seharusnya menjadi pendukung dalam kehidupan, termasuk dalam soal keuangan. Ketika kita mulai boros, misalnya, teman semestinya mengingatkan agar berhemat.

Tapi ada juga teman yang malah bikin cepat bangkrut. Teman yang kayak gini nih yang perlu diwaspadai.

Coba lihat di sekitarmu, ada gak kira-kira teman yang hobinya mengeluarkan duit tanpa tujuan jelas?

Berikut ini ciri teman yang kemungkinan besar bisa membuat bangkrut. Waspada ya!

1. Yang sering mendorong gaya hidup boros

Suka hedon, doyan nongkrong, gak pernah nabung, dan parahnya lagi sering memanas-manasi kita buat belanja konsumtif. Duh, komplet dah.

bikin kamu cepat bangkrut
Ketika kamu bangkrut, apakah dia bakal mengulurkan tangan buatmu? Ya gak mungkin laah (boros/Brazen Woman)

Gaya hidup hedon sangat berbahaya. Meski penghasilan besar, di akhir bulan gak bakal ada jejaknya lantaran selalu habis buat hal-hal konsumtif. Si teman selalu saja ngajakin ke tempat-tempat yang menguras duit. Yang lebih parah, sering minta ditraktir. Duh…

2. Yang suka nge-judge “kesederhanaan”

Saat kita berusaha bergaya hidup sederhana, eh, kena cibir. Misalnya kita sering makan di warteg. Teman itu sering mengolok-olok. Bahkan hampir tiap hari order ojek online untuk membelikan makanan “mewah” ala Barat seperti burger sampai sate kambing.

Atau kita memutuskan pakai hape jadul karena masih berfungsi baik. Si teman ngejek lantaran menganggap kita gak mengikuti perkembangan teknologi. Belum tahu dia makna penting kesederhanaan.

3. Yang suka mengambil keuntungan

Maunya “berteman” kalau ada untungnya buat dia. Misalnya, mau makan bareng asal dibayarin atau kalau dikenalin dengan relasi bisnis yang potensial.

bikin kamu cepat bangkrut
Pas mau bayar makanan di restoran, kok lama banget ngeluarin dompetnya. Eh ternyata kamu duluan yang ngeluarin dompet, terpaksa deh ngebayarin dia dulu (makan malam/pingit)

Tapi saat pengin curhat gak pernah ada waktu, dan gak pernah nanya kabar kalau gak ada butuhnya. Siap-siap saja kena porot kalau menjalin tali pertemanan yang akrab dengan orang seperti ini.

4. Yang sering ngeluh soal kerjaan

Sering nemu kan temen yang hobinya ngeluuhh melulu soal kerjaan. Akibatnya, dia membawa aura negatif buat hidup kita. Kalau terus ditemenin, orang kayak gini bisa bikin kamu ikut stres dan jadi gak termotivasi kerja.

Hidup udah susah, gak usah ditambah susah dengan dengerin komplain tak berujung dari orang di sekitar kita. Bisa-bisa kita malah ikut gak bergairah dalam kerja, makin jauh deh dari tangga karier yang menjanjikan kekokohan finansial.

5. Yang malas

Ini juga berpengaruh buat kehidupan kita. Ketika terjun ke suasana yang penuh kemalasan, gak mustahil kita ikut-ikutan malas.

Padahal orang malas gak punya tempat dalam kemajuan. Bagaimana bisa maju kalau malas ngapa-ngapain? Kalau berteman akrab dengannya, bisa-bisa tertular malas dan kinerja jadi merosot.

Hari gini kok masih malas. Coba lihat Jepang tuh, habis porak-poranda kalah perang dan sering kena gempa plus tsunami, tapi bisa bangkit. Masyarakatnya sangat rajin dan disiplin, sehingga negaranya pun maju.

bikin kamu cepat bangkrut
Bersahabat sama orang malas ya siap-siap ketularan jadi malas (malas/playbuzz)

Gak cuma nyari pasangan hidup yang harus selektif, nyari teman juga begitu. Berteman emang boleh sama siapa aja, tapi pilihlah teman dekat yang emang memberikan pengaruh positif buat hidupmu.

Kalau cuma bisa menggembosi kantong kita sih ya rugi dong. Ciptakan pertemanan yang berkualitas supaya hidup lebih hidup. Kenali dulu karakter “teman” yang berpotensi bikin kamu cepat bangkrut.

Tapi, jika mau, kita bisa jadi agen perubahan buat lingkungan sekitar. Jalin pertemanan dengan mereka-mereka, dan coba tularkan kebiasaan kita yang lebih baik.

Siapa tahu mereka yang tertular jadi ikut baik. Namun tetap mesti hati-hati. Jangan sampai terbawa arus dan bangkrut.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Ssstt, Ini Kunci Sukses di Usia Muda yang Bisa Diteladani dari Jepang]

[Baca: Ini Hal-hal yang Sering Dianggap Sepele Saat Kuliah tapi Penting Banget Pas Kerja]

[Baca: Pacaran Bikin Boros, Dijamin Bokek! Nih Buktinya]

[Baca: 2017 Masih Aja Boros? Coba Atur Keuangan Kamu dengan 4 Cara Ini]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com