Tips Jitu Supaya Uang Gaji Gak Cuma Numpang Lewat di Rekening

by Tifanny 1.023 views0

supaya uang gaji

BRILIO LOGO (1)

Siapa di sini yang tiap hari nunggu-nunggu tanggal gajian? Ayo ngacung!

Kayaknya hampir semua pekerja paling setia nungguin hari keramat yang satu ini ya. Rasanya kalau tiba tanggal gajian, hari itu dunia serasa indah dan kerja pun jadi berkali-kali lipat lebih semangat. Ya gak?

Tapi masalahnya momen membahagiakan ini biasanya gak bertahan lama. Uang gaji kerap kali cuma numpang lewat di rekening. Permisi pun jarang! Kalau sudah begitu, jadi pusing lagi sampai gajian selanjutnya datang deh.

Kalau kamu termasuk yang mengalami hal ini, itu tandanya ada yang salah dengan cara kamu mengelola keuangan. Yuk mulai dibenahi dengan melakukan 6 langkah yang direkomendasikan brilio.net ini!

1. Membuat anggaran

supaya uang gaji
Mengontrol pikiran juga penting biar kalau punya uang gak belanja melulu (Pusing / tumblr)

Setiap karyawan pastinya mempunyai rencana masing-masing untuk  menghabiskan gaji yang telah diterima. Tapi penting bagi karyawan untuk memiliki anggaran, bahkan ini merupakan keharusan. Dengan begitu, anggaran dapat membuat pengeluaran lebih terkontrol.

Kalau memiliki utang, bayarlah terlebih dahulu supaya gak makin numpuk dan dilupakan. Sebaiknya sih memang hindari kebiasaan berutang, karena hal ini sangat gak baik buat  keuangan kamu, dan bahkan bisa mempersulit di masa depan.

Nah, setelah utang lunas, kamu bisa menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan alokasikan juga untuk ditabung. Dengan perencanaan keuangan yang baik, kamu juga bisa berinvestasi ke depannya.

2. Mengumpulkan slip gaji

Kumpulkan slip gaji pertama hingga bukti gaji saat ini untuk membaca kesalahan pada setiap pengeluaran dan pendapatan. Pastikan setiap pemotongan sesuai dengan bonus, kenaikan, atau insentif serta pengeluaran.

3. Mendahulukan bayar tagihan

supaya uang gaji
Tagihan itu dibayar bukan di tangisi (Tagihan Numpuk / bungkusdah)

Membuat prioritas dalam pengeluaran sangat penting untuk dilakukan. Dahulukan membayar tagihan-tagihan, seperti listrik, air, dan telepon. Jangan menunggu tagihan semakin membengkak atau malah mengutamakan kepuasan semata. Ini jauh lebih penting karena merupakan kebutuhan sehari-hari, bukan sekadar pemenuhan gaya hidup.

4. Dana untuk investasi dan asuransi

Mulailah berpikir untuk memiliki investasi. Dengan begitu kamu sudah displin dalam menabung atau memiliki perencanaan keuangan yang baik untuk masa depan.

5. Kebutuhan bukan keinginan

Setiap gajian pasti kita tidak bisa menghindari ingin membeli sesuatu. Pasti! Tapi ingat, kamu harus tahu mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan karena keinginan yang besar, maka kebutuhan jadi tidak terpenuhi.

Selain itu, berbelanjalah kebutuhan sesuai uang yang kamu punya bulan ini. Dan jangan mengeluarkan uang untuk keinginan yang tidak penting dan berharap akan mendapatkan uang lebih setelahnya.

6. Tabungan darurat

supaya uang gaji
Gak ada yang tahu hari esok, saat butuh, uang darurat bisa jadi penyelamat (Emergency money / usnews)

Kembali ke masa kanak-kanak dulu, kita diajarkan menabung dengan menggunakan celengan. Tak ada salahnya menerapkan hal ini kembali. Ini bisa membantu untuk pengeluaran yang mendadak. Sisihkan 10 sampai 30 persen gaji lalu simpan di celengan atau rekening bank khusus untuk menabung. Usahakan untuk tak memakai uang tersebut atau tergoda untuk melakukan penarikan uang.
Nah, sekarang sudah tahu dong gimana caranya mempertahankan gajimu sampai akhir bulan? Jadi jangan cuma nunggu-nunggu tanggal gajian ya! Bekerjalah dengan lebih giat, agar penghasilanmu pun bisa bertambah.

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com