Udah Berkeluarga dan Mau Pindah Kerja, Prioritaskan Kantor yang Punya 7 Benefit Ini

by Hardian 679 views0

mau pindah kerja

Ketika sudah berkeluarga, apalagi dikaruniai anak, wajar kalau orangtua ingin punya karier yang lebih baik untuk menjamin masa depan sang buah hati. Salah satu caranya adalah dengan pindah kerja dan mengincar gaji yang lebih besar.

Gaji emang penting sih, tapi jangan lupa soal benefit yang ditawarkan perusahaan. Cari perusahaan yang menawarkan 7 benefit ini ketika kamu udah punya keluarga:

1. Asuransi kesehatan untuk keluarga

Sebaiknya cari perusahaan yang memberikan asuransi kesehatan buat seluruh keluarga, baik suami-istri maupun anak. Bahkan beberapa perusahaan meng-cover hingga anak ketiga.

mau pindah kerja
Tanpa asuransi kesehatan, beban finansialmu buat biaya kesehatan bisa bengkak (asuransi kesehatan/2findlocal)

Selain itu, biaya melahirkan istri pun ditanggung. Setidaknya sekian persen biaya itu ditanggung perusahaan. Sebab, ongkos melahirkan gak bisa dibilang murah lho.

2. Tunjangan pendidikan anak

Beberapa perusahaan berkenan memberi tunjangan pendidikan untuk anak pegawai. Biasanya dua anak yang mendapat kesempatan itu.

Namun program ini lazimnya berlaku buat anak karyawan yang berprestasi. Akan sangat membantu bila perusahaan baru kita punya program ini. Bisa sekaligus jadi pelecut semangat buat anak agar kian giat belajar.

3. Cuti melahirkan

Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pekerja perempuan berhak atas cuti hamil total selama tiga bulan, yang terdiri atas 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan sesudah melahirkan. Pastikan hak ini diberikan.

Namun ada perusahaan yang menghanguskan sebagian cuti bila pekerja tak mengambil hak tepat waktu. Misalnya ketika bayi lahir prematur, sehingga hak cuti 1,5 bulan sebelum melahirkan belum diambil dan karena itu hangus.

Padahal dalam Pasal 52 ayat 1 huruf d UU 13/2003 juncto 1320 ayat 4 dan 1337 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata diatur bahwa ketentuan internal perusahaan tak boleh bertentangan dengan undang-undang. Semestinya hak cuti akumulatif tiga bulan berlaku buat pekerja perempuan yang melahirkan.

4. Fleksibilitas jam kerja

Jika memungkinkan, cari perusahaan yang gak terlalu ketat dalam aturan jam kerja. Maksudnya, pekerja gak dikekang harus masuk jam sekian dan pulang jam sekian. Yang penting adalah pekerjaan tuntas dengan baik, bahkan bisa dikerjakan di rumah atau tempat lain.

mau pindah kerja
Ketika sudah berkeluarga, ada kalanya kamu harus anter anak ke sekolah baru ke kantor. Kalau jam kerja gak fleksibel, kamu yang bakal kesulitan atur waktu (jam kerja/nelive)

Ini penting jika harus mengantar-jemput anak ke sekolah. Atau ketika anak sakit dan butuh pendampingan. Di era teknologi, kerja remote alias di luar kantor sudah mulai banyak diterapkan perusahaan kok.

5. Ada cuti besar

Cuti besar lazim diberikan perusahaan buat pekerja yang paling gak udah lima tahun berkarya di sana. Cuti full 1-2 bulan ini penting untuk mendapat quality time bersama keluarga.

Selain mengistirahatkan badan dan pikiran, cuti besar bisa dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan diri dengan keluarga. Terlebih jika sebelumnya sering lembur kerja hingga jarang berkomunikasi dengan keluarga.

6. Pinjaman

Sejumlah perusahaan punya program bantuan pinjaman untuk karyawan. Misalnya buat beli rumah. Bisa juga buat kebutuhan lainnya.

Namun umumnya pinjaman ini diberikan via koperasi. Artinya, kita mesti jadi anggota koperasi dulu. Bagusnya, pinjaman dari koperasi gak memerlukan agunan, sama seperti KTA. Tapi nilai pinjaman terbatas bila dibandingkan dengan kredit dari bank.

7. Saham buat karyawan

Gak mau dong jadi karyawan terus dan selamanya menggantungkan penghasilan cuma dari gaji? Apalagi kalau udah punya tanggungan.

Cari perusahaan yang punya ESOP atau employee stock option program. Artinya, kamu bisa memiliki kesempatan untuk turut memiliki saham perusahaan melalui program ini.

Kalau prospek perusahaan cerah, pendapatan kita pun tambah cerah. Selain gaji, ada penghasilan tambahan dari saham yang kita tanam di perusahaan.

Ketika udah berkeluarga dan ingin pindah kerja, keputusan itu harus dipertimbangkan betul. Risikonya besar bila salah pilih perusahaan. Terlebih jika anak sudah bersekolah.

Gak mau kan, pendidikan anak jadi terganggu akibat keputusan karier orangtua yang keliru? Nah, poin-poin benefit perusahaan di atas bisa jadi patokan bila ingin pindah kerja. Selamat berburu perusahaan baru!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Buat yang Lagi Butuh Dana, Ini Dia 5 Produk KTA dengan Bunga Terendah]

[Baca: Butuh Operasi Caesar Saat Melahirkan? Siapkan Dana Persalinan dengan Cara Ini]

[Baca: Jangan Salah Pilih! Ini Asuransi yang Tepat untuk Anggota Keluarga]

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com