Udah Gak Zamannya Lagi Bingung Milih Asuransi. Nih, Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

by bunga 567 views0

untuk jam 6

Finansialku

Ada 70 perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia, dan pastinya jumlah itu bakal terus tumbuh. Dari sekian banyaknya perusahaan asuransi tersebut, apa kamu gak bingung memilih mana yang terbaik buatmu?

Sejatinya, ada 14 kriteria yang digunakan untuk menobatkan sebuah asuransi menjadi asuransi terbaik. Asuransi yang dimaksud ya asuransi apa saja. Mulai dari asuransi umum, jiwa, hingga reasuransi. 14 kriteria itu mencakup hal-hal seputar pertumbuhan aset, laba bersih, hingga risk based capital.

Khusus buat kamu yang sedang mencari asuransi jiwa, berikut adalah 10 perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia menurut informasi dari media. Dan masing-masing perusahaan tentu punya keunggulan produk yang berbeda.

1. AIA Financial

PT AIA Financial merupakan salah satu asuransi ternama di Indonesia. Dulu namanya adalah PT AIG Life, namun pada 2009 berubah nama. AIA Financial sendiri berada di bawah naungan AIA Group.

2. Allianz

Allianz sudah ada di Indonesia sejak 1981. Pada 1996, mereka mengembangkan bisnisnya hingga merambah ke bisnis asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun. Allianz sendiri punya 1.400 karyawan dan lebih dari 20 ribu agen.

3. AXA Mandiri

 

Nyari asuransi harus yang berkualitas dong. Kualitas! (AXA Mandiri/ youtube)
Nyari asuransi harus yang berkualitas dong. Kualitas! (AXA Mandiri/ youtube)

AXA Mandiri merupakan bagian dari AXA Group, sebuah perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia. Total karyawannya mencapai 166 ribu orang dan memiliki 104 juta nasabah di 64 negara. AXA telah diakui Interbrand sebagai asuransi nomor satu di dunia selama delapan tahun berturut-turut (2009-2016).

4. Cigna

Asuransi Cigna juga merupakan salah satu asuransi jiwa terbaik di Indonesia. Cigna merupakan bagian dari Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di Amerika Serikat.

Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas, atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637 persen, jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120 persen pada 2016. Cigna sudah beroperasi di 30 negara, dengan total nasabah sebanyak 95 juta orang.

5. FWD

PT FWD Life Indonesia adalah perusahaan asuransi jiwa dari FWD Group. FWD Group sendiri sudah beroperasi di Hong Kong dan Macau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, serta Jepang.

FWD menawarkan pengalaman konsumen yang baru dengan menghadirkan produk-produk yang mudah dipahami, didukung oleh teknologi digital terdepan. Mereka pun berfokus untuk memperkuat eksistensinya di Asia Pasifik.

6. Generali

Generali merupakan salah satu asuransi yang terkenal di dunia, gak cuma di Indonesia lho (Genarali/ twitter)
Generali merupakan salah satu asuransi yang terkenal di dunia, gak cuma di Indonesia lho (Genarali/ twitter)

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia adalah bagian dari perusahaan asal Italia, Generali Group. Generali Group sendiri merupakan perusahaan asuransi terbesar di Eropa lho.

Generali berhasil menjadi pemain utama industri asuransi jiwa dan investasi di Indonesia dengan strategi bisnis yang terdefinisi secara jelas. Perusahaan asuransi ini didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasar dan kantor agen hampir di seluruh penjuru Indonesia,

7. Great Eastern

Great Eastern adalah grup asuransi jiwa tertua dan terbesar di Singapura dan Malaysia. Asuransi ini sudah ada sejak 1908 silam dan memiliki aset lebih dari SGD 60 miliar dan sekitar 4 juta pemegang polis.

Great Eastern telah menjadi salah satu pemain terdepan industri asuransi di Asia. Mereka pun akan terus mengembangkan pangsa pasarnya di wilayah Asia.

8. Manulife

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, perusahaan penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat. Saat ini Manulife punya 9.000 karyawan dan lebih dari 2,3 juta nasabah di Indonesia.

Kalau yang satu ini pasti udah banyak yang kenal kan? (Manulife/ kontinumdesign)
Kalau yang satu ini pasti udah banyak yang kenal kan? (Manulife/ kontinumdesign)

9. Panin Dai-Chi

Panin Dai-Chi sudah melayani masyarakat Indonesia selama 40 tahun lamanya. Tentunya, Panin Dai-Chi merupakan bagian dari Panin Group of Companies yang bergerak di industri jasa keuangan.

Sementara itu, Dai-ichi Life merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang yang mempunyai pengalaman lebih dari 110 tahun dalam industri asuransi jiwa dengan jaringan bisnis internasional di berbagai negara di dunia. Dai-ichi Life juga terdaftar sebagai perusahaan publik di Jepang dengan peringkat “A” dari Fitch dan peringkat “A+” dari Standard & Poor’s (per Juni 2015).

10. Prudential

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, perusahaan jasa keuangan dari Inggris. Perusahaan ini sudah berdiri 168 tahun.

Sejak peluncuran produk asuransi-investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk tersebut di Tanah Air.

Prudential Indonesia juga telah mendirikan unit bisnis Syariah sejak tahun 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.

Urutan nama-nama perusahaan asuransi di atas bukan diklasifikasikan berdasarkan rankingnya lho, melainkan dari abjad. Bukan berarti yang nomor satu paling bagus.

Bila memang asuransi jiwa adalah asuransi yang kamu butuhkan, carilah asuransi yang pertanggungannya bisa mencukupi kebutuhanmu. Dan pastinya, selalu ingat dengan 10 daftar asuransi jiwa terbaik di Indonesia ini.

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Gak Semua Orang Butuh Asuransi Jiwa. Prioritaskan Kalau Kamu Punya 5 Ciri Ini]

[Baca: Punya Pekerjaan Berisiko, Lebih Baik Punya Asuransi Jiwa atau Kecelakaan Diri?]

[Baca: Masih Single, Pilih Asuransi Jiwa Atau Kesehatan ya?]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com