Walau Sudah Ada Asuransi Mobil All Risk, Tetap Harus Perhatikan 11 Hal Ini Sebelum Ninggalin Kendaraan Saat Mudik

by DuitPintar 699 views2

asuransi mobil all risk thumbnail

Tak semua pemilik mobil pribadi mudik dengan kendaraan kesayangan. Sebagian dari mereka memilih meninggalkan mobil di rumah karena menggunakan transportasi umum. Banyak alasannya kenapa meninggalkan kendaraan di rumah. Misalnya malas terjebak macet, enggan berlelah-lelah nyetir, dan lainnya.

 

Meski begitu, kendaraan yang ditinggal di rumah patut diberikan perawatan terlebih dahulu. Juga, jangan mentang-mentang punya asuransi mobil all risk, kemudian jadi serampangan sama keamanannya.

 

Perawatan

Berikut ini ada tips yang bisa diterapkan bila jadi ‘berpisah’ dengan mobil pas lebaran.

 

Cuci bersih mobil

Penting tuh mobil mesti ditinggal dalam keadaan kinclong, terlebih kalau mudiknya dalam waktu yang lama. Kotoran di bodi bisa bikin masalah di permukaan cat. Sedangkan kotoran di interior, apalagi  kalau ada sisa makanan, bisa bikin masalah. 

Buka sedikit kaca

Buku sedikit kaca antara 0,5-1 cm. Tujuannya agar sirkulasi udara di interior mobil tetap terjaga. Dengan terjaganya sirkulasi udara maka interiornya tak bakalan lembab.

Gunakan cover

Sebaiknya mobil ditutupi car cover agar terlindungi dari debu dan kotoran. Cuma ingat, sebaiknya car cover terbuat dari bahan bagus agar tak merusak cat mobil bila menempel dalam waktu lama. Dan lebih afdol lagi jika diparkir dalam garasi rumah.

Perlu enggak ya cabut kabel aki?

Mandiin mobil dulu dong sebelum ditinggal pergi biar enak ngeliatnya.

 

Mobil modern sih sebenarnya enggak perlu cabut aki. Beda sama mobil jadul yang mesti cabut kabel aki karena setrumnya tetap mengalir. Cuma kalau khawatir ada korsleting atau mencegah hal-hal yang tak diinginkan, ada baiknya cabut kabel aki.

Parkir pakai hand brake atau foot brake

Mobil bertransmisi matik cukup posisikan tuas perseneling di P tanpa tarik rem tangan. Sedangkan kalau transmisi manual, posisikan perseneling di gigi 1 tanpa tarik rem tangan dan ganjal ban dengan batu. Sengaja jangan gunakan rem tangan agar kanvas rem tak menempel di cakram rem. Jangan lupa cek tekanan angin di keempat ban.

Keamanan

Berikutnya yang perlu dipikirkan adalah faktor keamanan mobil selama ditinggal. Selain mobil sudah ter-cover asuransi mobil all risk, bukan berarti acuh tak acuh saja dan kalau ada apa-apa tinggal lapor asuransi.

 

Menjaga keamanan kendaraan tetap jadi prioritas dan terhindar dari niat jahat orang. Langkah apa saja yang bisa dilakukan agar mobil terjaga keamanannya?

 

1.Titipi ke tetangga

Kalau ada tetangga yang tak mudik, mungkin bisa dimintai tolong menitip kendaraan. Atau bisa juga ke pengurus rukun tetangga. Biasanya di beberapa permukiman ada layanan penitipan kendaraan bagi penghuninya yang mudik ke kampung halaman.

 

2. Titip di kantor kelurahan/kecamatan

Sementara ini baru Pemkot Jakarta Selatan yang membuka layanan penitipan kendaraan bagi warganya yang mudik. Lokasinya sendiri di kantor kelurahan maupun kecamatan yang kebetulan areal parkirnya memadai.

 

Prosedurnya, warga cukup menyerahkan salinan KTP dan STNK kendaraan. Sebisa mungkin kendaraannya diberi tambahan kunci keamanan.

 

3. Titip ke kantor polisi

Survei dulu deh fasiltas penitipan di kantor polisi apakah parkir di indoor atau outdoor. 

Kantor polisi biasanya membuka layanan penitipan kendaraan selama arus mudik dan balik lebaran. Dan layanan itu gratis!

 

Ada baiknya memanfaatkan layanan ini agar kendaraan terjamin keamanannya. Cuma pastikan survei dulu ke kantor polisi. Mintalah informasi prosedur penitipan kendaraan, berapa lama, dan mengecek lokasi mobil akan diparkir. Bila kebetulan di parkiran terbuka, sebaiknya mobil dilindungi dengan car cover sehingga terhindar dari terik matahari dan hujan.

4. Titip ke Pegadaian

Pegadaian juga membuka layanan penitipan kendaraan, tapi sifatnya tak gratis. Ada tarif yang dikenakan bagi mereka yang ingin menitipkan kendaraan di Pegadaian. Kemungkinan layanan penitipan kendaraan ini hanya tersedia di beberapa lokasi kantor Pegadaian saja.

5. Titip di kantor

Kalau memungkinkan, tak ada salahnya menitipkan kendaraan di kantor tempat bekerja. Pastikan dulu berkoordinasi dengan pihak yang berwenang dalam urusan itu. Atau kalau perlu minta surat izin dari pimpinan perusahaan agar diperkenankan menitip kendaraan di kantor.

 

Enaknya, keamanan kendaraan di kantor lebih terjamin karena ada penjagaan 24 jam dari sekuriti. Lebih enak lagi, kalau ada parkir langganan bulanan yang dibayari kantor.

6. Parkir inap

Opsi parkir inap bisa dipertimbangkan untuk menjaga keamanan kendaraan. Misalnya bagi yang mudik dengan pesawat bisa menitipkan kendaraan di parkir inap Bandara Soekarno-Hatta.

 

Pihak pengelola menempatkan parkir inap di lahan berpagar dan berkanopi sehingga keamanan terjamin dan terhindar dari hujan maupun panas matahari. Di samping itu ada pengawasan khusus dari petugas parkir yang bekerja dalam tiga shift. Tarifnya sendiri Rp 20 ribu pada empat jam pertama dan berikutnya tiap jam Rp 3.000.

 

Sedangkan bagi yang mudik dengan kereta api, bisa memanfaatkan pula parkir inap di Stasiun Gambir. Lokasinya persis di bawah pondasi rel kereta sehingga terlindung dari panas matahari dan hujan. Sayangnya, kapasitas parkir inap di Gambir terbatas hanya kurang dari 50 unit. Tarifnya sendiri Rp 2000/jam.

 

Tetep lindungi mobil kesayangan secara maksimal selama ditinggal mudik. 

Nah bila memang akan menitipkan kendaraan ke pihak lain, ada baiknya perhatikan tips di bawah ini

 

-Jangan tinggalkan barang berharga dan kartu parkir di kendaraan

-Tetap gunakan car cover

-Gunakan kunci tambahan setir atau roda

-Netralkan transmisi bila di lahan parkiran parallel


Itulah beberapa alternatif meninggalkan kendaraan selama mudik. Menjaga keamanan kendaraan tetap menjadi prioritas meski sudah mengalihkan risiko ke penyelenggara asuransi. So, selamat mudik dan tetap berhati-hati ya!

Image credit:

  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/photonews/2014/10/01/437351/640×320/20141001172704-deretan-mobil-mewah-anggota-terpilih-banjiri-parkiran-gedung-dpr-001-isn.jpg
  • http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/07/09/170/1021749/pemudik-diimbau-titip-barang-berharga-ke-polisi-AMf.jpg
  • http://www.jualcovermotor.com/wp-content/uploads/2014/04/cover-mobil-yaris.jpg

Tags: ,

Masih banyak lagi dari duitpintar.com