Wisata Keliling Jakarta Sendirian Seharian? Siapa Takut!

by DuitPintar 4.940 views0

wisata keliling jakarta

 

Rutinitas kerja dengan segala ingar bingar kemacetan ibukota bisa bikin stres, ya kan. Gak ada salahnya sisihkan waktu khusus buat me time dong, biar fresh lagi. Jalan-jalan alias wisata gak selalu harus sama pacar or rame-rame, sendirian juga asyik kok!.

 

Kita seringkali bingung cari tempat wisata jauh-jauh ya. Yang pengin ke Italia lah, London lah atau bahkan ke Zimbabwe hehe. Ngapain bingung cari destinasi wisata jauh sampai ke luar kota bahkan negara lain.

 

Lah wong tempat yang di depan mata juga banyak yang menarik dan belum dijelajahi. Jakarta juga punya segudang tempat wisata buat kamu telusuri loh. Gak usah pake alasan ‘Ya elah masa tinggal di Jakarta cuma jalan-jalan di sini juga, bisa kapan aja keless.’

 

Gak ada salahnya mengeksplor ‘harta karun’ yang tersimpan di ibukota Jakarta ini. Coba deh bikin agenda wisata keliling Jakarta seharian, jadi nanti pas udah mood bisa dieksekusi tuh.

 

[Baca: Gaji UMR Bisa Juga Liburan Keliling Dunia, Begini Strateginya]

 

 

1. Taman Mini Indonesia Indah

Kalau ditanya tempat wisata apa yang paling pas buat kamu bisa keliling Indonesia hanya dalam satu hari? Jawabannya apa lagi kalau bukan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

 

wisata keliling jakarta

Tiket murah plus disuguhi pemandangan apik. Mana lagi selain di TMII

 

 

Tiket masuk dijamin gak bikin kamu pusing deh, cuma dengan selembar Rp 10.000 kamu sudah bisa berkeliling di dalamnya. Oh iya, kalau bawa kendaraan mobil cukup tambah Rp 10.000 dan motor Rp 6.000. Murah kan.

 

Gak ada salahnya memperkaya wawasan kebangsaan dengan mengetahui ragam budaya. Nah, anjungan dari berbagai budaya dan tradisi Indonesia bisa jadi medianya. Kalau suka dengan hal-hal berbau ilmu pengetahuan, TMII juga nyediain beragam museum seperti museum minyak dan gas bumi serta museum penerangan.

 

Suka nonton bioskop dengan efek 4 dimensi? Pastinya bakal lebih asyik dibanding nonton film bioskop biasa.

 

Efek seakan-akan gambar muncul dan ingin menyentuh kita bisa dinikmati jika berkunjung ke bioskop 4 dimensi di TMII. Cukup dengan Rp 20.000 – Rp 25.000. Keren bingits lah pokoknya!

 

Gimana kalau mau renang atau cuma main air? Tenang aja bro, ada Snowbay Waterpark. Tapi tiket masuk ke arena air ini lumayan mahal sih, untuk Senin – Jumat Rp 140.000 dan Sabtu – Minggu Rp 180.000.

 

Kalau cuma mau santai-santai, ada penyewaan sepeda juga, tarifnya Rp 15.000 / jam. Nah, bisa tuh keliling santai naik sepeda menikmati keindahan beberapa taman seperti taman burung dan taman bunga. Sambil olahraga bisa segerin mata menikmati pemandangan.

 

[Baca: 6 Aplikasi Buat Traveling Buat Yang Pengin City Hopping di Indonesia]

 

2. Green Terrace TMII

Setelah lelah jalan-jalan menjelajahi setiap sudut TMII, perut biasanya bakal keroncongan. Di dalam kawasan TMII banyak tempat makan yang lumayan enak, tapi kalau mau banyak pilihan coba melipir sedikit ke Green Terrace.

 

wisata keliling jakarta

Capek sepagian wisata bisa diobati dengan mengisi perut

 

 

Gak jauh kok dari TMII. Green Terrace ini berupa kompleks khusus kuliner, jadi jangan khawatir. Di sini kita bisa memilih makanan sesuai selera dan dengan budget yang paling pas.

 

Kompleks wisata kuliner ini juga dilengkapi dengan supermarket dan toko perkakas yang sudah lumayan ngetop. Jadi bisa sekalian shopping-shopping cantik nih.

 

3. Monumen Pancasila Sakti

Masih kurang puas mengelilingi TMII, coba keluar dan mengarah sedikit ke Lubang Buaya. Ada yang namanya Monumen Pancasila Sakti di situ.

 

Yup, di sinilah tragedi peristiwa G30S PKI terjadi. Pasti udah familiar dong. Eits, jangan parno dulu ke monumen bersejarah ini.

 

Bagi sebagian orang monumen ini mungkin agak menyeramkan karena peristiwa yang terukir di baliknya. Sebenarnya gak seperti itu kok.

 

wisata keliling jakarta

Di sini kita bisa belajar mengenai sejarah bangsa yang sudah mulai dilupakan. Lagipula saat ini monumen pancasila sakti sudah dimodifikasi menjadi lebih bersahabat.

 

 

Tiket masuk per orang pun hanya Rp 5.000 plus kendaraan mobil Rp 5.000 dan motor Rp 2.500. Di depan pintu masuk kita juga bakal mendapat sebuah buku tentang sejarah singkat G30S PKI.

 

Ada bangunan yang berada dalam komplek yang sama dengan Monumen Pancasila Sakti yaitu  Museum Pengkhianatan PKI. Museum ini dikelola oleh Pusat Sejarah TNI, Departemen Pendidikan dan Departemen Kebudayaan Pariwisata. Kita akan mendapati ratusan benda bersejarah terkait dengan peristiwa pemberontakan G30S-PKI di dalam bangunan ini.

 

Ingat kan quote dari Presiden Soekarno ‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.’ So, next time, kalau kamu bingung dan lagi bete pengin jalan-jalan sendirian, cobain deh berkunjung ke tempat-tempat wisata di atas.

 

Selain beda, pasti bakal ramah di kantong kan. Selamat berwisata!

 

[Baca: Pilihan Kota di Luar Jakarta Habiskan Liburan Akhir Tahun, Berbudget Rp 2 Juta]

 

 

 

Image credit:

  • http://1.bp.blogspot.com/-FX_Gja7HBYs/TVk0EHyRZtI/AAAAAAAAAjo/IvWcTJo5n7I/s1600/DSC02949.JPG
  • https://pbs.twimg.com/profile_images/378800000037128605/b86c339d836b502d983d7b60906a8c4e.jpeg
  • http://www.indonesiakaya.com/assets/imagesweb/_images_gallery/890_Gerbang_depan_monumen.JPG

Masih banyak lagi dari duitpintar.com