Woi! Biaya Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Gratis Selama 2016 Loh!

by DuitPintar 6.532 views0

take over kredit kendaraan

Ini baru berita mantap. Biaya balik nama dan mutasi gratis selama 2016!

 

Tapi sayang, berita ini muncul dari Samsat Jawa Tengah saja. Artinya, hanya kendaraan yang mau mutasi ke wilayah Jawa Tengah yang mendapat fasilitas ini.

 

Menurut kabar dari Tribun News, layanan ini berlaku mulai April hingga Desember 2016. Jadi, masih panjang waktunya buat kita yang mau ngirit untuk ngurus mutasi di provinsi itu.

 

Mumpung keterlambatan pendaftaran juga digratisin, lho. Kapan lagi ada program kayak gini.

 

Adapun cara mengakses balik nama dan mutasi gratis ini sama saja kayak prosedur serupa yang gak gratis. Hayuk, kita simak bersama.

 

Cara Balik Nama Kendaraan

Untuk memproses balik nama kendaraan, kita siapkan dulu dokumen yang disyaratkan. Yaitu:

  • STNK asli dan fotokopi
  • KTP pemilik baru, asli, dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi
  • Kwitansi pembelian motor yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000

[Baca: Pentingnya Bikin Duplikat STNK dan Surat-Surat Kendaraan Lainnya, Sekarang Juga!]

 

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Datang ke Samsat

Di sini, bilang mau balik nama kendaraan. Minta formulir dan isi. Kembalikan formulir beserta dokumen-dokumen syarat.

2. Cek fisik

Kita akan dituntun untuk melakukan cek fisik kendaraan. Cek fisik ini untuk mencocokkan identitas fisik kendaraan dengan yang ada di surat-surat. Kalau beda, berarti bermasalah, mungkin surat itu palsu.

 

[Baca: Mobil Bekas, Why Not? Tapi Awas, Jangan Sampai Ketipu Dapat Surat Mobil Palsu]

 

balik nama dan mutasi motor 4

Sayangnya memang belum bisa online kalau untuk mengurus biaya balik nama

 

3. Registrasi

Setelah cek fisik, kita akan diminta melakukan registrasi di loket yang telah ditunjuk. Di sini, kita akan diminta mengisi sejumlah data terkait kendaraan.

4. Penerbitan STNK

STNK yang baru atas nama kita akan diterbitkan petugas setelah pemeriksaan selesai. Pemeriksaan ini bisa memakan waktu sampai 5 hari kerja.

 

Cara Mutasi Kendaraan

Karena mutasi dilakukan di daerah berbeda, maka harus ada prosedur cabut berkas di Samsat wilayah yang ada di STNK. Dokumen yang disiapkan sama dengan balik nama.

 

Caranya:

1. Datang ke Samsat asal kendaraan

Di sini, kita bisa langsung ke loket mutasi untuk memohon mutasi kendaraan. Berikan syarat dokumen yang diminta.

2. Cek fisik

Petugas akan mengecek fisik kendaraan untuk dipastikan kecocokannya dengan yang ada di berkas.

3. Ke loket mutasi lagi

Di sini, kita tinggal melapor bahwa cek fisik sudah dilakukan dan menunggu berkas-berkas mutasi keluar.

 

balik nama dan mutasi motor 1

Ingat, lengkapi dokumen dong ya daripada bolak-balik ke samsat

 

4. Ke Samsat tujuan

Setelah ada berkas mutasi, datangi Samsat tujuan untuk menyelesaikan proses mutasi.

5. Ke Polda Samsat tujuan

Setelah urusan mutasi selesai, tinggal datang ke Polda untuk membuat BPKB yang baru.

 

Mumpung lagi ada program biaya balik nama dan mutasi gratis, sebaiknya kita manfaatkan baik-baik. Tapi ini hanya buat yang ketiban pulung alias rezeki di daerah Jawa Tengah.

 

Eh, tapi sebelumnya di daerah lain juga ada program serupa, lho. Di Jawa Barat, program ini ada pada 2015.

 

Siapa tahu nanti ada juga di daerah lain. Coba saja cek ke Samsat di daerahmu untuk mengetahui ada-tidaknya program gratisan ini.

 

Soalnya, program kayak gini gak bersifat nasional. Hanya dijalankan di daerah-daerah tertentu.

 

Kalau lagi ada, sikat saja. Lumayan kan bisa mengurangi pengeluaran buat balik nama dan mutasi.

 

hari gini masih pake calo

Yaelah, ngapain pakai calo kalo ngurusnya aja udah gampang

 

 

Duit itu bisa dipakai buat hal lain. Yang rencana mau nikah, bisa dipakai buat beli cincin.

 

Yang lagi ada tanggungan kredit, bisa bayar pakai duit lowong itu. Pastinya, jangan sampai duit itu dipakai buat hal boros, ya.

 

[Baca: Gaul Kok Boros, Nih Cara Nongkrong Asik Zaman Sekarang!]

 

 

 

Image credit:

  • https://lh3.googleusercontent.com/-pDRUpgTHXjM/U2ikc3WXFFI/AAAAAAAABSE/R4xe3jrJWkw/s630-fcrop64=1,2aea0000d4beffff/CONVAR13C.jpg
  • http://www.rmoljakarta.com/images/berita/normal/189500_01350226022015_samsat_polda_metro.jpg
  • http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/salah-satu-pelayanan-di-kantor-samsat-ilustrasi-_121025184208-776.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com