Yakin Gajimu Udah Layak? Coba Periksa Dulu di 5 Situs Cek Gaji Ini!

by Tifanny 850 views0

Situs Cek Gaji

Apa sih yang diharapkan seseorang saat sudah selesai mengenyam pendidikan di perguruan tinggi? Pastinya segudang angan buat sukses berkarier sudah ada di kepala. Buat yang sudah berkarier pun pasti selalu merasa gak puas dan terus mencari yang terbaik.

Zaman mama dan papa kita, melamar kerjaan masih menggunakan kertas yang dikirim ke alamat perusahaan lewat jasa pos. Bentuknya selalu sama: amplop cokelat besar yang berisi fotokopi dokumen yang terkait identitas diri dan portofolio kerja.

Nah, sekarang sudah lebih praktis, cepat, dan hemat biaya serta waktu pastinya. Tinggal browsing di Google saat mau mencari atau pindah kerjaan, pasti langsung terpampang daftar situs-situs lowongan kerja, lengkap dengan kisaran gajinya.

Soal gaji, tiap orang yang berkarier pasti pengin punya gaji yang tinggi atau paling gak layak deh. Ini juga makin gampang diketahui lewat situs-situs canggih di Internet. Gak ada lagi deh ceritanya dateng buat wawancara kerja tanpa bekal benchmark gaji untuk posisi yang kamu incar.

Buat yang mau nego naik gaji ke HRD, situs-situs ini juga bermanfaat untuk mengetahui berapa kenaikan gaji yang layaknya kamu ajukan. Jadi gak sembarang tembak angka aja ya.

Dengan adanya situs-situs ini, nilai tawar kamu pun jadi lebih tinggi karena kamu punya data yang akurat dan bisa bilang, “Gaji rata-rata buat posisi saya di Indonesia tuh segini lho.”

situs cek gaji
Gak ada salahnya cek and ricek rata-rata gaji kok! (Gaji / idnportal)

Nah, mau tahu situs-situs apa saja yang wajib kamu kunjungi kalau mau ngecek gaji? Simak ulasannya di bawah ini ya.

1Jobplanet

Di sini kita gak cuma memperoleh informasi umum tentang perusahaan yang kita tuju, budaya kerja, hingga kisi-kisi wawancara lho. Tersedia juga fitur informasi soal kisaran gaji yang cukup lengkap dan up-to-date. Caranya tinggal pilih deh kategori “Review”, lalu klik “Gaji”.

Info gaji yang tersedia dibagi berdasarkan jenis industri, pekerjaan, dan juga posisi. Tinggal pilih saja sesuai dengan jenis pekerjaan yang kita ingin tahu.  Misalnya, mau tahu kisaran gaji karyawan PT Traveloka Indonesia, yang terendah Rp 1,9 juta dan tertinggi Rp 35 juta.

Para karyawan dari berbagai perusahaan bisa melakukan kombinasi input data. Plus ada review alias testimoni dari mereka yang berhasil masuk ke sebuah perusahaan yang dilamar lewat situs ini, lengkap dengan nominal gaji.

2Karir.com

Situs Karir.com termasuk salah satu situs yang juga sangat populer di kalangan pencari kerja di Indonesia. Karir.com menawarkan fitur pencarian lowongan pekerjaan berdasarkan kota, industri, nama perusahaan, dan kata kunci tertentu yang dicari oleh pencari kerja.

Kita juga bisa cek gaji kita di sini lewat kategori “Pengembangan Diri”, lalu pilih menu “Cek Gaji” deh.

situs cek gaji
Bisa belajar mengalokasikan gaji juga lho di sini! (Karir.com / blogspot)

Uniknya, di situs ini kita gak cuma bisa ngecek berapa rata-rata gaji untuk profesi yang kamu geluti, tapi juga cara mengalokasikan gaji yang kamu terima sekarang. Kita juga bisa tahu berapa nilai gaji tertinggi dan terendah di pasaran untuk profesi yang kita cari.

Tersedia juga fitur gaji di Karir.com yang bisa memberi kita gambaran tentang kisaran gaji rata-rata jika diukur berdasarkan level, lama bekerja, fungsi pekerjaan, dan strata pendidikan. Fitur ini dinamakan “Salary Benchmark”.

3. Qerja

Situs yang satu ini juga pasti udah familiar bagi para pencari kerja. Selain bisa menyaring pencarian lowongan pekerjaan berdasarkan industri, lokasi, perusahaan, dan gaji, situs ini juga memungkinkan para penggunanya untuk membagikan informasi lowongan kerja dan memberi review mengenai suatu perusahaan

Khusus buat cek gaji, kita bisa pilih kategori “Gaji”, dan nanti akan tampil hasil pencarian gaji berdasarkan posisi dan perusahaannya. Untuk beberapa perusahaan dan posisi, gaji gak bisa kita akses sebelum punya akun di situs ini.

Kita pun bisa berkontribusi memberikan informasi gaji yang kita terima di fitur informasi gaji. Tenang aja, kerahasiaan data kita bakal dijaga kok.

Situs ini juga nyediain opsi “Fresh Graduate” yang akan menampilkan informasi lowongan kerja bagi mereka yang baru lulus.

situs cek gaji
Jangan khawatir buat fresh graduates bisa cari-cari loker di sini (Qerja.com / hipwee)

Saat ini Qerja telah bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan. So, pastinya informasi lowongan pekerjaan di situs ini up-to-date dan terpercaya.

4. Gajimu.com

Kalau kamu gak cuma pengin tahu info soal karier, tapi juga tentang gaji, hukum, dan hak tenaga kerja, Gajimu.com bisa jadi pilihan ideal.

Misalnya kamu mau tahu informasi lengkap dan akurat soal gaji, tinggal pilih kategori “Gaji”. Nah, di kategori ini banyak informasi yang bisa diperoleh. Mulai dari survei gaji, cek gaji, biaya hidup, gaji minimum, sampai dengan soal pajak penghasilan. Bahkan sampai gaji pejabat negara dan selebriti dunia pun ada lho!

Tinggal klik, dan semua informasi penting buat kariermu terpampang deh. Gampang, kan?

5. Job-Like.com

Ngecek gaji lewat situs ini gampang banget. Dari beranda, langsung aja klik menu “Gaji”. Setelah itu, kamu tinggal ketik posisi atau perusahaan yang kamu inginkan.

Kalau yang kamu ketik adalah posisi kerja, maka akan keluar hasil pencarian berupa nominal gaji di sejumlah perusahaan untuk posisi yang ingin kamu ketahui. Sedangkan kalau yang kamu ketik adalah nama perusahaan, maka hasil yang keluar adalah nilai gaji untuk berbagai posisi di perusahaan tersebut.

Info kayak gini berguna banget lho. Kita jadi tahu berapa rata-rata gaji untuk profesi kita, sehingga ini bisa jadi bahan evaluasi gaji kita sekarang. Selain itu, kalau emang lagi cari kerjaan baru, kita bisa langsung cari perusahaan yang ngasih gaji sesuai dengan yang kita inginkan.

situs cek gaji
Mau karier lebih cemerlang dong! (Karyawan / tribunnews)

Bagusnya lagi, kalau kamu tertarik dengan satu perusahaan tertentu, kamu bisa langsung ngecek lowongan kerja apa aja yang lagi dibuka sama perusahaan tersebut. Jadi bisa langsung kirim CV dan surat lamaran deh. Simpel!

Kalau sudah tahu ke mana harus berpaling saat mau ngecek gaji, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menilai apakah gajimu udah layak atau belum. Apakah perusahaan tempatmu bekerja sudah membayarmu sesuai dengan kualitas dan kapabilitas?

Jika jawabannya belum, coba komunikasikan dengan atasan atau HRD. Gak usah sungkan atau malu buat minta naik gaji, karena itu hakmu kok. Asalkan kamu sudah melakukan kewajiban sebagai karyawan dengan sebaik-baiknya ya.

Jangan takut untuk menentukan “harga”-mu sendiri!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Saat Gaji Gak Pernah Tepat Waktu Apa yang Harus Dilakukan]

[Baca: Gini Caranya Ngukur Gajimu Kecil atau Gak]

[Baca: Kerja Sudah Lama Tapi Gaji Gak Naik Jangan-Jangan Itu Salahmu Sendiri]

Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com