Yakin Udah Tahu Cara Pakai ATM yang Betul? Termasuk Biaya-biayanya?

by DuitPintar 5.661 views1

Cara Pakai ATM Thumb

Siapa saja di sini yang gak tahu apa itu Anjungan Tunai Mandiri alias ATM, pasti gak punya tabungan di bank. Masih nabung di bawah kasur?

 

Gak apa-apa kalau belum tahu ATM karena belum punya tabungan. Wong yang punya tabungan aja masih banyak yang belum tahu cara pakai ATM. Hayo, ngaku…

 

Dengan menggunakan ATM, kita bisa mengakses sejumlah layanan, antara lain:

 

 

Di dalam buku Bijak Ber-E-Banking yang baru saja diterbitin Otoritas Jasa Keuangan, tersedia informasi seputar ATM. Buku ini bisa di-download gratis di situs OJK.

 

Ayok, kenalan dengan ATM dulu biar tahu cara pakai ATM yang betul sekaligus terhindar dari risiko kecolongan di mesin yang aslinya bernama Automated Teller Machine itu.

 

Definisi

ATM adalah mesin komputer yang terhubung dengan jaringan komunikasi bank. Lewat mesin canggih ini, kita bisa tarik duit, transfer, atau bayar tagihan tanpa harus datang ke gedung bank.

 

Secara umum, ada 4 jenis ATM yang bisa dijumpai di mal, gedung kantor, minimarket, SPBU, atau tempat lain, yaitu:

 

1. ATM tunai

Ini adalah ATM yang paling banyak disediakan bank. Sesuai dengan namanya, kita bisa bertransaksi tunai alias narik duit lewat mesin ATM ini.
Cara Pakai ATM

Penting banget lho buat kamu untuk bisa bedain macam mesin ATM

 

 

2. ATM non-tunai

ATM non-tunai kebalikannya ATM tunai. Kita gak bisa tarik tunai lewat ATM ini. Fiturnya khusus buat transaksi non-tunai, kayak transfer, bayar tagihan, cek saldo, dan lain-lain.

 

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

 

3. ATM setor tunai

ATM ini juga disebut Cash Deposit Machine (CDM). Beda dengan dua jenis di atas, ATM ini bisa menerima setoran. Jadi, gak perlu ke teller bank, kita bisa setor duit lewat mesin ini dengan nominal minimum lembaran Rp 50 ribu.

 

4. ATM serbabisa

ATM yang satu ini jarang ditemui karena memang jumlahnya gak banyak disediakan bank. Fitur ATM ini komplet, dari transaksi tunai sampai setor tunai. Semua bisa.

 

Cara Kerja

Untuk memakai ATM, kita wajib punya kartu ATM dulu, entah itu kartu debit ataupun kartu kredit. Selain itu, kita harus udah punya PIN berupa kode angka 4-6 digit dari bank terkait.

 

Tahap-tahap cara pakai ATM yang betul:

 

  1. Masukkan kartu pada slot mesin dengan melihat panduan gambar pada mesin itu.
  2. Pastikan kartu gak dimasukkan dalam keadaan terbalik.
  3. Masukkan PIN.
  4. Pilih menu yang diinginkan.

 

Penting untuk diketahui bahwa kita gak hanya bisa menggunakan kartu ATM pada mesin dari bank yang sama. Misalnya kita punya kartu debit dari Bank Mega, bisa kok ambil duit di ATM BCA. Tapi, ada biayanya.
Cara Pakai ATM

Jangan grogi lagi ya kalo udah ada di depan mesin ATM, makanya kuasai dengan betul penggunaannya

 

 

Yang perlu diingat, bank yang ATM-nya kita pakai untuk bertransaksi dengan kartu kita harus terkoneksi dalam satu jaringan. Ada 2 jaringan besar bank di Indonesia, yakni:

 

  • ATM Bersama beranggotakan 82 bank, di antaranya, BNI, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank Panin, Bank Permata, dan Bank Danamon.
  • ATM Prima beranggotakan 57 bank, di antaranya BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga

 

Berikut ini  jumlah tarif transaksi lintas bank di jaringan ATM Bersama dan Prima yang naik pada akhir 2014 seperti dikutip dari Detik.com:

 

1. Transfer: Rp 7.500

2. Cek saldo: Rp 4.000

3. Penarikan tunai: Rp 7.500

 

Ada sih, bank yang membebaskan biaya transaksi beda ATM. Tapi biasanya ada syaratnya, misalnya jumlah saldo minimal sekian juta rupiah.

 

Contohnya Permata Bebas dengan jumlah minimal saldo Rp 2,5 juta dan maksimal 3x dalam sebulan. Di Danamon Lebih kena biaya transfer, tapi kalau cek saldo dan tarik tunai bebas biaya. Syaratnya, minimal saldo Rp 2,5 juta.

 

Ada satu hal penting lagi, yaitu kita gak hanya bisa memakai ATM dengan menggunakan kartu debit. Pakai kartu kredit juga bisa, tapi hanya untuk tarik tunai sesuai dengan jaringannya.

 

Tapi kartu kredit jaringan VISA, misalnya, hanya bisa dipakai tarikik uang tunai di mesin ATM yang mencantumkan logo VISA atau Plus. Kalau kartu kredit MasterCard hanya bisa di ATM yang terdapat logo Maestro dan Cirrus

 

Yang perlu diingat, ada biaya penarikan tunai meski itu di bank sendiri. Selain dikenai biaya administrasi umumnya 4% dari jumlah duit yang ditarik atau Rp 50 ribu (tergantung mana yang lebih besar) , ada pula bunga yang besarnya 2,95%.

 

[Baca: Hati-hati Aturan Tarik Tunai Kartu Kredit, Baca Tuntas Sampai Tulisan Terkecilnya!]

 

Cara Pakai ATM Aman

Berikut ini adalah beberapa tips cara pakai ATM dengan aman. Tapi ingat ya, tips aman gak hanya terbatas di sini aja mengingat modus kejahatan makin canggih tiap jaman. Intinya, jangan pernah sembarangan percaya orang saat di ATM.

 

  1. Hindari mesin ATM yang sepi. Pokoknya kalau gak kelihatan meyakinkan, mending cepat-cepat cari yang lain aja deh.
  2. Tutup tombol dengan tangan saat masukin PIN.
  3. Ganti PIN secara berkala, bisa seminggu/dua minggu sekali.
  4. Catat nomor bank di handphone, jadi bisa langsung hubungi jika suatu saat ada kendala. Terkadang, ATM yang sudah disinggahi orang jahat, sudah ditempeli nomor telpon palsu.
  5. Bank gak pernah minta nomor PIN kartu saat membantu pemilik kartu. Jadi jangan pernah sembarangan kasih nomor PIN ke orang, baik secara tatap muka maupun lewat telpon.
  6. Jika ada orang membantu pas kartu tertelan, jangan gampang percaya.
  7. Sebaiknya tunggu petugas bank datang atau lapor ke satpam ATM jika kartu tertelan.Jika kartu tertelan, langsung hubungi nomor telepon bank. Jangan meninggalkan ATM sebelum melapor ke pihak bank terkait.

 

Cara Pakai ATM

Berhati-hati itu wajib hukumnya di mana pun kita berada, termasuk saat menggunakan mesin ATM

 

 

Gimana, udah pada tahu cara pakai ATM di atas? Kalau udah tahu, ya syukurlah. Kalau belum, semoga info di atas bermanfaat buat kita agar bisa lebih bijak dan aman menggunakan fasilitas e-banking dari bank.

 

 

 

Image credit :

  • http://cdn.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2014/01/03/300859/670×335/hanya-melalui-slot-usb-mesin-atm-dapat-dilumpuhkan.jpg
  • http://sidomi.com/wp-content/uploads/2014/03/atm-windows-xp-640×385.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/20141001_182148_atm-bca-dibobol.jpg

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com