Yang Mau Nikah, Simak Tips Menyebar Undangan Pernikahan Murah Ini

by DuitPintar 5.306 views0

undangan pernikahan murah

Yang namanya pernikahan, rasanya gak sah kalau tanpa pesta resepsi dan dihadiri tamu-tamu. Ya bisa saja sih nikah cuma di rumah atau KUA dengan dihadiri kerabat dekat. Tapi rasanya hal tersebut belum menjadi tradisi kuat.

Ngadain pesta pernikahan emang butuh proses panjang. Mulai dari memilih gedung, souvenir, katering, wedding organizer, menyebar undangan dan banyak lagi. Gak jarang pasangan yang menyiapkannya dari tahun sebelumnya.

Gak bisa dimungkiri, jumlah tamu yang datang berbanding lurus dengan katering yang kamu sediakan. Malah kadang jumlah tamu melebihi jumlah makanan yang ada. Ya gimana gak, satu undangan yang kamu kirim bisa berarti 2 – 4 kepala yang datang hehe.

Nah, khusus ngomongin soal undangan nih. Kayaknya hal satu ini bisa menjadi masalah tersendiri. Kadang setiap pasangan bakal butuh berhari-hari untuk menentukan siapa yang bakal diundang. Belum lagi orangtua yang juga kadang turut andil.

Kalau bujet yang disediakan gak terbatas sih gak masalah. Tapi gimana kalau bujet pernikahanmu tergolong mepet?

Mungkin saatnya kamu lebih selektif lagi dalam menyebar undangan. Nah, coba deh jawab beberapa pertanyaan ini sebelum kamu memilih siapa yang layak mendapat undangan pernikahanmu.

undangan pernikahan murah
Undangan konvensional macem gini tentu lebih berkesan formal, tapi ya ada biaya tambahan lain-lain (Undangan / initustudio)

1. Mulai dari pertanyaan mendasar

Pertanyaan paling penting tapi jarang terpikirkan: Apakah kamu dan pasanganmu menjalin komunikasi dengan mereka dalam kurun satu tahun terakhir? Jika gak ada komunikasi bahkan di sosial media, kamu aman untuk mengeliminasi mereka.

2. Apakah kamu akan mengundang kolega bisnis dan rekan kerja?

Rekan bisnis dan kerja mungkin bakal masuk dalam daftar undangan. Tapi bisakah kamu mengerucutkannya lagi? Kolega bisnis mungkin hanya sebatas hubungan profesional. Dari situ kamu bisa mengeliminasi mereka.

3. Bagaimana jika ortu turut andil?

Sudah jadi rahasia umum kalau sebenarnya pesta pernikahan adalah ajang milik ortu. Anak-anaknya kadang cuma manut saja ngikutin kemauan ortu. Bahkan gak jarang ortu juga punya daftar tamu mereka sendiri.

Pertanyaannya, apakah kamu siap berdebat dengan ortu soal siapa yang bakal diundang atau nggak? Jika nggak siap berdebat, sah-sah saja mengirimkan undangan kepada mereka.

undangan pernikahan murah
Memakai domain dan situs pernikahan pribadi juga keren loh, lebih murah lagi (Konsep Undangan Nikah / Weddingku)

4. Undangan cetak atau online?

Ok, daftar tamu sudah dibikin. Dari situ bisa keliatan berapa jumlah undangan yang bakal disebar. Saatnya menentukan apakah perlu mencetak undangan atau menyebar secara online? Keduanya tentu punya kelebihan dan kelemahan. Coba kita telusuri lebih lanjut tips menyebar undangan pernikahan murah berikut ini.

Keunggulan Undangan Cetak

Kesan undangan cetak memang lebih formal dan eksklusif. Ada kesan serius bahwa tamu yang diundang itu penting dan diharapkan kedatangannya.

Kamu juga bisa mengkreasikan ide-ide lucu dan unik. Lihat saja desain undangan jaman sekarang; bahan dan desainnya banyak yang menarik. Dari situ ada kesan prestis tersendiri.

Kelemahan Undangan Cetak

Sudah pasti ada ongkos pembuatan yang mesti dikeluarkan walaupun semua bisa disesuaikan dengan bujet yang ada. Belum lagi kamu mesti menyebarkannya. Bisa diantar sendiri (belum bensin dan waktu yang terbuang karena macet), bisa menggunakan jasa transportasi online atau kurir konvensional.

Keunggulan Undangan Online

Banyak banget keunggulan undangan online. Diantaranya:

– Praktis. Tinggal bikin desain saja.

– Bisa berupa grafik, animasi atau video.

– Bisa kamu sebar di situs khusus, sosial media atau private message.

– Murah karena gak butuh biaya antar lagi.

undangan pernikahan murah
Tamu yang datang cuma sedikit tentu gak berpengaruh ke momen penting tersebut (Cincin Nikah / Sindonews)

Kelemahan Undangan Online

Walaupun banyak manisnya, tapi ada pahit-pahitnya juga:

–  Kurang formal

–  Gak berkesan serius

–  Gampang tertimpa postingan lain, jadi bikin calon tamu lupa

Nah, asal kamu kreatif dan bijak dalam memilih, pesta pernikahanmu tetap bakal keren tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Yang penting timbang-timbang dulu segala sesuatunya sebelum deal.

 

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Bujet Nikah Cuma 50 Juta? Nih, Tips Bikin Resepsi Pernikahan Murah tapi Tetap Megah!]

[Baca: Persiapan Baju Pengantin Biar Tampil Cantik di Hari Pernikahan. Simak Ini Dulu Yuk Mbaksis]

[Baca: Tekan Bujet Nikah Kamu dengan Undangan Pernikahan Online]

Masih banyak lagi dari duitpintar.com