Yon Koeswoyo Tutup Usia, Ini 4 Pelajaran Berharga dari Kisah Hidupnya

by akbar 373 views0

Yon Koeswoyo
Yon Koeswoyo (KapanLagi)

Kabar duka muncul dari dunia musik Indonesia. Vokalis Koes Plus Yon Koeswoyo menghembuskan nafas terakhirnya pada 5 Januari 2018.

Legenda musik Tanah Air itu meninggal dunia di usianya yang ke-77 usai menggelar konser guna membayar biaya rumah sakit.

Dikabarkan pula bahwa dalam dua tahun belakangan ini, Yon Koeswoyo sudah bolak-balik rumah sakit. Pada 2016 lalu, CNN memberitakan bahwa Yon mengidap sesak napas yang diakibatkan karena kebolongan di paru-paru.

Sementara itu pengamat musik, Bens Leo mengatakan bahwa Yon juga sempat menyidap penyakit liver enam bulan yang lalu. Pada intinya, komplikasi penyakitlah yang membuat sang legenda tutup usia.

Ucapan belasungkawa dari orang-orang tersohor di Indonesia pun kian bermunculan. Mereka berduka atas kematian Yon.

Sebagai motor penggerak grup band Koes Plus, Yon bisa dikatakan sebagai sosok yang memotivasi kita semua. Kisah hidupnya pun membuahkan sebuah pelajaran berharga soal pengelolaan keuangan.

Berikut adalah empat pelajaran finansial berharga yang bisa kamu dapatkan dari perjalanan hidup seorang Yon Koeswoyo:

1. Tetap jaga kebugaran dan berpikir positif

yon koeswoyo
Tetap bugar dan masih kuat manggung di usia kepala 7, itulah om Yon (Tempo)

Salah satu kebiasaan sehat om Yon adalah menjaga kebugaran dan suasana hati. Gak heran walau usianya sudah memasuki kepala tujuh, Yon tetap terlihat enerjik dan bersemangat. Apalagi kalau untuk urusan nge-band.

Dalam wawancaranya di KapanLagi pada 2011 lalu, Yon Koeswoyo mengaku bahwa dirinya masih rajin berolahraga. Tentunya olahraganya disesuaikan dengan usianya ya. Contohnya seperti jalan santai mendorong mesin pemotong rumput di pekarangan rumahnya yang luas.

Dulu Yon cukup aktif main badminton, tapi saat menginjak usia 70 tahunan tubuhnya gak lagi menunjang untuk olahraga tersebut. Setiap pagi, Yon mengganti olahraga badminton dengan billiard yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi otak sekaligus kebugaran tubuh.

[Baca: Kesehatan Itu Gak Kalah Penting Sama Investasi Uang, Apalagi Kalau Udah Berkeluarga]

2. Pentingnya punya asuransi kesehatan

yon koeswoyo
Yon Koeswoyo terbaring di rumah sakit (Tribunnews)

Walaupun punya kebiasaan menjaga kebugaran tubuh, Yon Koeswoyo masih mengalami masalah finansial lantaran kesehatannya terganggu. Dirinya mengaku sulit membayar biaya rumah sakit.

“Saya kan tidak ada pensiun, tidak mendapatkan duit dari pemerintah. Itu duit dari mana? Memangnya tidak perlu uang untuk makan dan beli obat? Saya sekali check up saja Rp 3,5 juta. Kalau seminggu sekali saya duit dari mana? Kecuali kalau saya kaya sekali,” ujar Yon, seperti diberitakan di CNN.

Nah, di sinilah pentingnya punya asuransi kesehatan. Alangkah baiknya jika beban finansial yang berat itu dialihkan ke asuransi kesehatan agar proses pengobatan bisa dilakukan dengan maksimal.

[Baca:  Masih Single, Pilih Asuransi Jiwa Atau Kesehatan ya?]

Gak baik tentunya jika pasien yang sedang berobat masih juga dibebani dengan pikiran soal biaya. Yang ada malah tambah stres, bukannya sembuh.

3. Konsisten dalam menekuni profesi

yon koeswoyo
Foto Yon Koeswoyo masa kini dan saat muda (Tribunnews)

Tanpa sebuah konsistensi yang tinggi dalam menjalani profesinya sebagai musisi, mustahil Yon Koeswoyo bisa jadi tenar. Soal bermusik pun, Yon dan Koes Plus gak hanya berpatok pada idealisme semata. Mereka paham lagu apa yang disukai masyarakat pada saat itu, dan pemahaman itulah yang mengantarkan mereka ke kesuksesan.

Dulu, Yon juga sempat hidup pas-pasan pada pertengahan 1990. Tepatnya saat dia baru saja menikahi Bonita Angelia.

Saat itu, dia tidak punya uang sama sekali dan harus meminjam dana Rp 1,5 juta untuk biaya persalinan istrinya. Dengan keterpurukan finansial yang dialaminya, Yon gak lantas meninggalkan kariernya di dunia musik dan kerja jadi PNS atau pegawai swasta tuh.

Dia justru tetap bermusik sambil mencari terobosan baru untuk menyelamatkan diri dari masalah finansial. Perekonomiannya pun bisa membaik seiring dengan berjalannya waktu.

4. Pentingnya punya pendapatan pasif

yon koeswoyo
Soal pendapatan pasif, salah satu orang terkaya di dunia ini punya nasihat untuk kita (AZQuotes)

Konsistensi Yon Koeswoyo dalam bermusik memang patut diacungi jempol, tapi Yon sepertinya kurang peduli dengan pentingnya pendapatan pasif. Pendapatan pasif bisa saja berupa investasi atau dana pensiun di usia tua.

Meminjam kata mutiara dari salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett, “Kalau kamu gak bisa menemukan cara menghasilkan uang ketika kamu tidur, kamu akan bekerja sampai mati.”

Nah, dalam kasus Yon pun ini terlihat dari upayanya membayar uang rumah sakit dengan menggelar konser saat usia lanjut. Pada Desember 2016, Yon menggelar konser bertajuk “Andaikan Koes Plus Datang Kembali” di Balai Sarbini.

Dalam konser tersebut, Yon memainkan 20 lagu andalannya tapi Yon gak bisa memaksakan diri mengingat lagu tersebut membutuhkan suara tinggi.

Sebagai musisi yang sudah gak muda lagi, Yon sudah tidak kuat untuk berlama-lama di panggung. Tribunnews sempat memberitakan, Saat Yon berusia 75 tahun, dia tampak ngos-ngosan usai membawakan empat lagu.

Kalau saja Yon memiliki pendapatan pasif untuk menalangi kebutuhan hidupnya, tentu saja sang legenda gak perlu ngoyo harus manggung saat kondisi tubuh gak fit. Dia bisa beristirahat di rumah atau melakukan aktivitas lain agar tetap sehat.

Itulah empat pelajaran berharga yang bisa kamu ambil dari perjalanan hidup Yon Koeswoyo. Untuk menjadi orang yang sukses, tentu kamu bisa meniru semangat om Yon dalam berkarya dan konsistensinya yang tinggi dalam menggeluti profesi.

Dan ingatlah, hidup itu bagaikan roda yang berputar. Saat kamu berada di ambang kesuksesan, maka hal itu merupakan waktu yang tepat untuk berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik.

Investasi pun beragam, bisa saham, reksadana, emas, atau yang lain. Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan ya!

[Baca: Mau Investasi Saham? Ini 3 Sektor yang Diprediksi Menjanjikan Tahun 2018]

 

 

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com