Yuk, Belajar Sukses dari 8 Tokoh yang Berkali-kali Gagal Ini

by Hardian 3.672 views0

tokoh yang berkali-kali gagal

Kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Begitu kata pepatah lama yang sering dipakai orang buat pembelaan ketika gagal.

Memang, ungkapan itu terkesan hanya sebagai dalih. Tapi kenyataannya memang banyak lho tokoh yang berkali-kali gagal tapi kemudian sukses besar.

Bukan mustahil kita bisa masuk ke golongan yang sama dengan tokoh-tokoh tersebut, meski tentu saja gak ada yang mau berharap gagal dalam hal apa pun. Tapi  gak ada salahnya kita belajar dari kisah mereka.

Berikut ini beberapa tokoh yang berhasil bangkit dari kegagalan dan meraih sukses. Yuk, kita belajar dari para tokoh ini.

1. Steven Spielberg

Siapa sangka sutradara peraih beragam penghargaan tingkat internasional ini pernah dua kali gagal masuk kampus seni. Spielberg dua kali ditolak University of Southern California’s School of Cinematic Arts.

Meski begitu, penolakan itu gak menghalanginya untuk berkiprah di dunia perfilman. Hasil perjuangannya adalah film keren seperti “Schindler’s List”, “Saving Private Ryan”, dan “Jurassic Park”. Sekolah formal memang penting, tapi bukan segalanya untuk meraih kesuksesan buat Spielberg.

2. Albert Einstein

Einstein terkenal sebagai ilmuwan sekaligus penemu multitalenta. Namun ternyata masa kecil tokoh ini dilalui di atas jalan terjal.

tokoh yang berkali-kali gagal
Setelah berkali-kali gagak, Einstein pun jadi ilmuan ternama (Albert Einstein/Deism)

Ia baru bisa berbicara pada umur 4 tahun, membaca saat berusia 7 tahun, dan pernah dikira cacat mental. Namun kerja kerasnya di bidang fisika diganjar Hadiah Nobel. So, keterlambatan dalam proses kerja bukanlah hambatan bila kita mau berupaya memperbaikinya.

3. Abraham Lincoln

Gak tanggung-tanggung, mantan presiden Amerika Serikat ini pernah gagal sebagai tentara dan pebisnis. Dia pernah jadi kapten waktu perang, tapi lalu turun pangkat jadi prajurit biasa.

Di bidang bisnis pun ia berkali-kali gagal, sampai terjun ke dunia politik. Apakah langsung sukses? Gak, dia pernah gagal terpilih jadi anggota Kongres, Senat, dan Wakil Presiden. Namun kegigihannya berbuah manis: kursi Presiden AS.

4. Vincent van Gogh

Tahukah kamu pelukis ternama ini justru dulu hidup terlunta-lunta? Karyanya dianggap jelek dan dia dijauhi orang-orang karena melarat. Sepanjang hidup, dia hanya mampu menjual satu lukisan.

Namun kini harga lukisan Van Gogh termurah diperkirakan US$ 100 juta. Kalikan saja dengan kurs rupiah saat ini. Kesuksesan memang gak kenal waktu.

5. Bill Gates

Gates gak ujuk-ujuk jadi orang terkaya di dunia. Dia mesti merasakan pahitnya kegagalan untuk jadi orang sukses seperti sekarang ini.

tokoh yang berkali-kali gagal
Tahu Microsoft kan? Itu diciptakan oleh orang yang berkali-kali gagal lho (Bill Gates/Famous Entrepreneurs)

Microsoft, perusahaannya, berkali-kali gagal. Namun dia berprinsip kegagalan penting untuk dipelajari, bukan ditutupi. Hasilnya, dia jadi langganan orang terkaya di dunia versi Forbes tiap tahun.

6. Oprah Winfrey

Oprah saat ini terkenal sebagai tokoh publik sekaligus presenter kaya raya. Tapi hidupnya diwarnai sederet kegagalan.

Dia antara lain pernah dipecat sebagai presenter TV. Tapi pemecatan itu gak membuatnya putus asa. Menurut dia, kegagalan itu tidak ada. Kegagalan adalah petunjuk bahwa kita harus berbelok mencari jalan lain.

7. Nadiem Makarim

Dari dalam negeri, ada Nadiem Makarim yang sukses dengan bisnis Go-Jek. Usaha yang merevolusi bisnis angkutan ini pernah vakum setahun lebih dan terancam tutup.

tokoh yang berkali-kali gagal
Kalau dari tanah air, ada Nadiem Makarim pendiri Gojek. (Nadiem Makarim/Swa)

Namun dia mampu bangkit dan meraih sejumlah investasi penting. Kini, usahanya gak hanya angkutan bermoda sepeda motor, tapi meluas sampai urusan bersih-bersih rumah. Kesabaran menjadi kunci penting Nadiem untuk meraih kesuksesan.

8. Susi Pudjiastuti

Ibu Menteri yang satu ini terkenal karena slengean namun tegas. Siapa nyana, dia hanya bermodal ijazah SMP untuk menjadi menteri.

Susi pernah drop out waktu duduk di bangku SMA. Dia memilih jadi pebisnis. Namun bisnisnya pun gak selalu berjalan mulus. Ketangguhan dan kemauan untuk belajar dari mana pun melatarbelakangi kesuksesan seorang Susi Pudjiastuti.

Delapan tokoh sukses yang pernah berkali-kali gagal di atas hanyalah contoh. Mungkin ada puluhan hingga ratusan orang lainnya yang bernasib serupa.

Kita pun bisa menjadi seperti mereka. Jangan pernah takut gagal, karena siapa tahu di belakang kegagalan itu ada kesuksesan yang menanti.

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 7 Tips Mempertahankan Kesuksesan (Buat Pengusaha UKM yang Sudah Sukses, Tapi Mau Lagi, Lagi dan Lagi)]

[Baca: Gagal Berbisnis Jangan Menyerah, Coba Tips Bangkit dari Kegagalan Usaha Ini]

[Baca: Kejarlah Kesuksesan Layaknya Kamu Mengejar dan Menangkap Pokemon]

[Baca: Belajar dari 7 Film Ini Tentang Mereka yang Berulang Kali Gagal Lalu Sukses]

 

Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

Masih banyak lagi dari duitpintar.com