Yuk, Cari Keuntungan Investasi Saham Akhir Tahun Bersama CIMB Principal Asset

by DuitPintar 513 views0

keuntungan investasi saham thumb
Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami Bareksa.com

Bareksa Logo

 

Chief Investment Officer (CIO) PT CIMB Principal Asset Cholis Baidowi memprediksi tahun depan bursa saham dan ekonomi Indonesia akan membaik. Jadi keuntungan investasi saham juga bakal ikut naik.

 

Terlebih lagi saat ini arus dana asing sudah mulai masuk lagi ke Tanah Air. Selain itu, menurut dia, ada beberapa faktor pendukung seperti ekonomi yang sudah mulai tumbuh, laba perusahaan di bursa saham yang sudah mulai pulih dan juga mulai membaiknya tingkat kepercayaan investor.

 

Pemerintah juga baru saja mengeluarkan data pertumbuhan ekonomi kuartal III sebesar 4,73 persen. Angka ini memang sedikit lebih rendah dari konsensus, tapi tetap lebih baik dibanding kuartal sebelumnya.

 

Menurut Cholis, ekonomi Indonesia saat ini sedang berada di inflection point. Berikut kutipan wawancara Bareksa dengan Cholis Baedowi.

 

[Baca: Investasi Saham Online Murah Modal Cuma Rp 300ribu, Siapa yang Nggak Tergiur?]

 

Bagaimana prediksi kondisi perekonomian Indonesia akhir tahun ini dan tahun depan?

Ada beberapa pendorong. Pertama, ekonomi Indonesia kelihatannya sudah mulai pulih. Kedua, laba perusahaan juga sudah mulai membaik, dan ketiga dari sisi sentimen juga sudah mulai pulih. Terakhir, tingkat kepercayaan juga sudah mulai membaik.

 

Image

Chief Investment Officer (CIO) PT CIMB Principal Asset, Cholis Baidowi (CIMB Principal Asset)

 

 

Baru saja keluar data pertumbuhan ekonomi kuartal III sebesar 4,73 persen. Walaupun sedikit lebih rendah, tapi lebih baik dibanding kuartal sebelumnya. Itu sebetulnya membuat Indonesia sudah berada di inflection point (titik belok).

 

Kalau kita lihat data data penjualan semen, itu sudah positif dibanding bulan lalu. Lalu penjualan otomotif penurunannya sudah lebih baik dibanding sebelumnya. Secara fundamental ekonomi Indonesia sudah membaik dibanding bulan-bulan sebelumnya.

 

Lalu pemerintah juga mengeluarkan sejumlah paket kebijakan untuk memperbaiki perekonomian. Jadi tidak ada alasan pada kuartal ini indeks tidak positif. Kita harapkan itu akan berlanjut sampai tahun depan.

 

Apakah indeks bisa menguat lagi mencapai level awal 2015 di angka 5.200?

Ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, apakah laba perusahaan pada 2016 tumbuh lebih baik dibanding tahun sebelumnya? Tahun lalu, laba perusahaan tumbuh negatif 7 persen dan memang kondisinya semakin buruk.

 

Satu lagi dari sisi valuasi. Valuasi saham di Bursa Efek Indonesia sudah sangat murah. Kalau kita lihat dari segi historis itu sempat menyentuh minus 2 dari standar deviasi krisis dan saya yakin saat ini bukan krisis.

 

keuntungan investasi saham

Investasi saham sekarang juga sudah bisa dilakukan dari gadget

 

 

Saat ini posisi saham kita ada di minus satu standar deviasi. Saya sangat yakin pada 2016 indeks akan positif dan posisi IHSG di atas 5.200 sangat mungkin tercapai.

 

Bagaimana prospek tahun depan?

Periode 2016 banyak prospek yang mendorong ekonomi Indonesia untuk maju. Tinggal bagaimana Indonesia bisa membuktikan peluang-peluang tersebut bisa terealisasi. Ini tidak akan mudah, tapi peluang yang ada sangat besar.

 

Pemerintah sekarang mungkin diwarisi dengan bujet yang kurang baik pada tahun lalu. Tetapi sekarang sudah lebih baik. Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah dicabut sehingga ruang untuk melakukan pengeluaran di sisi infrastruktur terbuka luas. Kita lihat nanti pada 2016 akan banyak realisasi yang lebih baik dibanding 2015.

 

[Baca: Ini Pengertian Saham dan Jenisnya yang Dibuat Sesimpel Mungkin untuk Pemula]

 

Sektor apa yang bagus hingga akhir tahun?

Akhir tahun sudah pendek, tinggal dua bulan lagi. Sebelum ke sana kecenderungan pada kuartal keempat itu selama 9 – 10 tahun terakhir trennya selalu positif. Dari data indeks, 90 persen positif dibanding tahun sebelumnya.

 

Untuk itu kita cari saham-saham mana yang result-nya pada kuartal ketiga tidak terlalu mengecewakan. Mungkin itu akan berlanjut sampai full year 2015. Kita pilih saham yang pertumbuhannya tetap dan ke depan akan cukup tinggi.

 

Salah satunya saham di sektor konstruksi. Sektor ini diuntungkan oleh niat pemerintah membangun infrastruktur di Indonesia. Kedua sektor yang paling tahan banting, yakni sektor telekomunikasi.

 

Selain itu ada juga sektor konsumsi, yakni emiten rokok seperti Gudang Garam dan juga Sampoerna.

 

Target IHSG tahun depan?

Angka konservatif 5.200, dengan asumsi pertumbuhan laba perusahaan hanya mencapai 7 persen. Jika itu terjadi maka indeks akan kembali ke level average jangka panjang.

 

Tetapi kalau laba perusahaan bisa tumbuh lagi, misalnya 11 persen dan ada higher trading di bursa, bukan tidak mungkin IHSG bisa mencapai 5.600.

 

keuntungan investasi saham

Sebelum terjun ke lantai bursa memang harus melek saham dulu. Tapi semua bisa dipelajari kok.

 

 

Namun, ada risiko terbesar yang datang dari luar, yaitu rencana kenaikan Fed Rate. Rencana ini sudah lama dikabarkan, tapi selalu menghantui pasar saham dan juga ekonomi Indonesia. Namun, kita lihat pada 2013 – 2014, Amerika juga mulai mengurangi stimulus ekonominya dan pasar bereaksi sangat negatif dan menurun.

 

Tetapi setelah kejadian, pasar justru naik. Bisa saja Fed Rate naik perlahan sebesar 25 basis poin, tapi bisa jadi reaksi pasar malah positif karena sudah ada kepastian.

 

Kebijakan pajak akan menguntungkan sektor mana saja?

Ada beberapa paket kebijakan yang sangat baik, salah satunya revaluasi aset. Jadi perusahaan bisa mendapatkan keringanan pajak dari 10 persen menjadi 3 persen.

 

Hal ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang ingin meminjam dana tapi kemampuannya sangat terbatas. Perusahaan ini ingin melakukan ekspansi, tapi kapasitasnya terbatas, contohnya Kimia Farma dan juga Krakatau Steel.

 

Kedua perusahaan ini mempunya aset yang besar, tapi masih dinilai dengan harga perolehan. Padahal saat ini harga di pasar jauh lebih tinggi daripada nilai yang tercatat di buku perusahaan. Kalau revaluasi dilakukan itu akan sangat membantu perusahaan karena modalnya akan meningkat.

 

Satu lagi sektor perbankan. Jika semuanya melakukan revaluasi ekuitasnya akan naik dan daya pinjamnya akan bertambah.

 

CIMB lebih memilih mana, saham Blue Chip atau Medium-Small Cap hingga akhir tahun?

Waktunya sangat singkat hingga akhir tahun. Kalau kita lihat itu saham mana yang valuasinya murah. Misalkan properti dan perbankan, kedua saham di sektor ini diperdagangkan jauh lebih murah dibanding 5 tahun lalu.

 

Astra misalnya, sudah di bawah harga pasar karena terkena dampak negatif dari pertumbuhan ekonomi yang melambat. Ke depannya, saya rasa Astra akan cukup bagus.

 

Bagaimana dengan reksa dana? dengan kondisi sekarang investor harus masuk ke mana? Jenis reksa dana apa yang positif?

Tahun ini memang menjadi tahun yang berat bagi reksa dana, seluruhnya berada di bawah indeks. Karakteristiknya selalu seperti itu ketika bearish di atas 70 persen akan di bawah indeks.

 

keuntungan investasi saham

Return reksa dana diprediksi mencapai 10 – 15 persen. Wow!

 

 

Tahun depan, ekspektasi return-nya akan mencapai 10-15 persen kalau kondisinya seperti ini reksa dana yang diincar adalah reksa dana yang agresif karakteristiknya.

 

[Baca: Bukti Keuntungan Reksa Dana Saham, Return di Atas 7 persen Sebulan!]

 

Bila sudah terlanjur masuk apa yang kita lakukan?

Harus digandakan investasinya. Jadi kalau beli reksa dana Rp1 miliar maka masuk lagi setiap bulannya Rp100 – 200 juta lagi. Dengan demikian pada akhir 2016, hasilnya akan mencapai dua kali lipat.

 

Selain itu saya sarankan untuk investasi disiplin dan averaging untuk mengeksploitasi setiap penurunan. Indeks tidak naik terus, tetapi mengalami naik turun.

 

 

 

Image credit:

  • http://media.bareksa.com/media/media/assets/image/2015/11/10730_chief-investment-officer–cio–pt-cimb-principal-a_675_380_c.jpg
  • http://www.teropongbisnis.com/wp-content/uploads/2015/03/3.-Kondisi-IHSG-Pekan-Ini-Sangat-Melegakan-2.jpg
  • http://www.masfaiz.com/wp-content/uploads/2015/05/Saham-2.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-PPkPvxitmIU/Ve9TRMg3iyI/AAAAAAAAACk/WFAuHfSsM7k/s1600/10.%2BPengertian%2Bdan%2BCara%2BInvestasi%2BReksadana.png

Tags:

Masih banyak lagi dari duitpintar.com